Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pertamina EP Tingkatkan Produksi Melalui Pengeboran Sumur ST-194

PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah pengawasan SKK Migas, mempunyai tugas utama m

Pertamina EP Tingkatkan Produksi Melalui Pengeboran Sumur ST-194
Pertamina

PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah pengawasan SKK Migas, mempunyai tugas utama mencari sumber minyak dan gas untuk mendapatkan target yang telah ditetapkan. Ketekunan PT Pertamina EP (PEP) salah satunya dibuktikan dengan keberhasilan pemboran di wilayah Asset 5, yaitu sumur ST-194. Berdasarkan data 29 Mei 2019, minyak yang dihasilkan sebesar 925 barrel oil per day (BOPD) dan gas sebesar 0,279 million standard cubic feet per day (MMSCFD).

Terletak di Desa Sangatta Selatan, Kecamatan Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur, sumur ST-194 dibor hingga kedalaman 1.725 meter dan dihasilkan dari lapisan di kedalaman 1.089-1.091 meter. Tajak sumur dilaksanakan pada 26 April 2019 di lokasi seluas 28.800 m2, oleh rig Pertamina Drilling Service Indonesia (PDSI) D700M/10,2.

Atas hasil tersebut, PT Pertamina EP Asset 5 Sangatta Field (PEP Sangatta) melaksanakan syukuran sumur ST-194 dengan memberikan bantuan kepada panti asuhan Raudhatul Jannah sejumlah Rp 10 juta dan melaksanakan buka puasa bersama di lokasi sumur.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Kutai Timur Ir. H. Ismunandar, M. T. dan muspika Sangatta Selatan. Acara syukuran diawali dengan safety briefing dan penjelasan singkat tentang sumur ST-194, dilanjutkan penyerahan bantuan yang diserahkan oleh Asset 5 General Manager Irwan Zuhri dan Bupati Kutai Timur Ir. H. Ismunandar, M. T. Kepada pengurus panti asuhan Raudhatul Jannah, tausiyah yang dipimpin Ustad Andi Abdul Rahman, dan berbuka puasa bersama.

Asset 5 Exploitation Senior Manager, Krisna mengaku gembira atas pencapaian produksi ini.

“Produksi minyak dari sumur ST-194 ini berkisar di angka 925 BOPD, separuh lebih dari angka produksi lapangan Sangatta saat ini. Penambahan produksi baru dari satu sumur saja. Kami optimis bahwa pengembangan lapangan Sangatta ke depannya akan menemukan reservoir-reservoir yang potensial,” ujar Krisna optimis.

“Terakhir kali kami melakukan pengeboran di Sangatta 2014. Kami fokus kepada pengembangan lapangan-lapangan tua atau brown field, melalui program optimasi sumur dan pengeboran agar produksi Sangatta bisa growth. Di samping itu, koordinasi antarfungsi juga terjalin baik sehingga perencanaan dan eksekusi program on schedule. Dengan adanya kerja sama dengan Balai Taman Nasional Kutai sejak 2018, kami optimis dapat meningkatkan produksi lapangan Sangatta,” tambah Krisna.

Asset 5 General Manager Irwan Zuhri menyampaikan bahwa pengeboran sumur ST-194 merupakan salah satu kisah sukses pengeboran di Asset 5.

“Tantangannya cukup kompleks. Salah satunya karena wilayah kerja lapangan Sangatta berada di wilayah Balai Taman Nasional Kutai. Namun, melalui kerja sama dan koordinasi yang intens, kami dapat menggandeng Balai Taman Nasional Kutai untuk melaksanakan optimalisasi pemanfaatan kawasan hutan dan dituangkan di dalam perjanjian kerja sama selama tahun 2018-2027,” ujar Irwan.

Irwan menambahkan bahwa kunci keberhasilan pengeboran terletak kepada perencanaan yang baik, kerja sama antarfungsi, serta berdoa dan berderma.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas