Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Berdayakan Lansia, Pertamina Dumai Terapkan Program Pelatihan Olahan Aneka Buah

PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) II Dumai kembali menggandeng kelompok masyarakat di Kelurahan Tanjung Palas untuk mengembangkan produk makan

Berdayakan Lansia, Pertamina Dumai Terapkan Program Pelatihan Olahan Aneka Buah
Pertamina
PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) II Dumai kembangkan produk makanan ringan olahan buah-buahan di Rumah Singgah Jompo Kelurahan Tanjung Palas, Dumai, Selasa (2/7). 

Sebagai kota industri, Dumai merupakan salah satu lokasi di Provinsi Riau yang tak pernah sepi pengunjung. Ditambah lagi dengan posisinya sebagai salah satu pintu gerbang Indonesia bagi para pengunjung asing khususnya dari negara Malaysia, Dumai selalu kedatangan tamu yang tak jarang membutuhkan oleh-oleh khas setempat untuk dibawa kembali ke kota dan negara asal sebagai buah tangan.

Menjawab tantangan tersebut, setelah mulai mengembangkan kaos khas Dumai bersama kelompok masyarakat Adelis di Keluarahan Jaya Mukti, kini PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) II Dumai kembali menggandeng kelompok masyarakat di Kelurahan Tanjung Palas untuk mengembangkan produk makanan ringan olahan buah-buahan.

Pengenalan sekaligus peluncuran program dilaksanakan di Rumah Singgah Jompo Kelurahan Tanjung Palas, Selasa (2/7).

Unit Manager Comm., Relations & CSR Pertamina RU II Muslim Dharmawan menyatakan program ini dilaksanakan sebagai wujud program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina khususnya di pilar pemberdayaan masyarakat.

Tahap awal program dijalankan melalui pemberian bantuan mesin pengolahan dan pelatihan pengolahan makanan ringan dari olahan buah.

"Alhamdulillah hari ini kami berkesempatan menjalankan program pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Tanjung Palas. Hal ini menjadi langkah awal yang baik mengingat saat ini belum ada kelompok binaan masyarakat yang masih aktif di wilayah ini," ungkap Muslim.

Lebih lanjut Muslim menjelaskan program ini melibatkan 15 anggota Lansia dan pensiunan yang bersemangat untuk terus mencari nafkah dan memajukan kota Dumai yang kemudian bersama-sama membentuk Kelompok Tani Karya Bersama.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan kelompok masyarakat rentan yang ada di Kota Dumai, khususnya dari kalangan lansia dan pensiunan.

Selain memberikan bantuan berupa mesin pengolahan, pada momen ini Pertamina RU II juga mengundang pembicara dari Kelompok Binaan Pertamina RU II yang sebelumnya telah berhasil mengembangkan program serupa di wilayah Sungai Pakning Kabupaten Bengkalis yakni Kelompok Tani Tunas Makmur.

“Sebelumnya program serupa sudah berhasil dilakukan oleh Kelompok Binaan kami di Sei Pakning dan telah menghasilkan keuntungan yang cukup bagi anggota Kelompok dan keuntungan lainnya. Kelompok ini juga telah beberapa kali mengikuti pameran nasional untuk memperkenalkan produknya” Tambah Muslim.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas