Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Sinergi Pertamina – BUMN Karya, Perkuat Keandalan Energi Nasional

Pertamina melakukan sinergi dengan sejumlah BUMN untuk terus memperkuat keandalan distribusi energi ke seluruh pelosok negeri.

Sinergi Pertamina – BUMN Karya, Perkuat Keandalan Energi Nasional
Pertamina
Perjanjian Kerjasama Pertamina 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA, 10 Desember 2019 – Sehari menjelang HUT Ke-62, Pertamina melakukan sinergi dengan sejumlah BUMN untuk terus memperkuat keandalan distribusi energi ke seluruh pelosok negeri.

Sinergi tersebut tertuang dalam kesepakatan kerjasama Pertamina dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk untuk pembangunan pipa BBM dan gas pada right of way (ROW) atau sempadan di sepanjang jalan tol, baik yang existing maupun jalur tol baru, serta dengan PT PGN Tbk untuk kerjasama pada jalur pipa gas bumi.

Baca: Di ILC, Arya Sinulingga Akui Banyak Oknum Lobi Dirinya demi Jabatan di BUMN: Capek, Banyak Banget CV

Perjanjian kerjasama dengan PT Jasa Marga ditandatangani Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani, sementara kerjasama dengan PT Wijaya Karya ditandatangani oleh Direktur Logistik Supply Chain & Infrastruktur Pertamina Gandhi Sriwidodo dan Direktur Human Capital dan Pengembangan Wijaya Karya, Novel Arsyad.

Gandhi Sriwidodo juga menandatangani perjanjian kerjasama dengan Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN, Redy Feryyanto.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan Pertamina berkomitmen selalu meningkatkan keandalan distribusi BBM dan gas di seluruh Tanah Air dengan terus meningkatkan pembangunan infrastruktur energi di seluruh wilayah Indonesia.

"Kerjasama Pertamina dengan BUMN Karya ini sebagai upaya Pertamina untuk terus meningkatkan ketahanan dan kemandirian energi nasional serta sekaligus meningkatkan keandalan distribusi energi ke seluruh pelosok negeri, sehingga akan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional di berbagai sektor," ujar Nicke setelah penandatanganan kerjasama Sinergi BUMN di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (9/12).

Menurut Nicke, kerjasama dengan sejumlah BUMN ini merupakan kado indah pada HUT ke-62 Pertamina. Pertamina akan memperoleh benefit berupa percepatan pembebasan lahan, yang menjadi salah satu tahapan terbesar dalam pembangunan infrastruktur energi.

Beberapa pipa yang akan dibangun, akan lebih memudahkan Pertamina dalam melakukan distribusi BBM yang lebih aman dan juga lebih andal.

“Pembangunan pipa ini akan memperkuat keandalan pasokan BBM dan gas di Jawa, Sumatera dan Kalimantan serta akan mempercepat distribusi BBM ke masyarakat, sehingga tidak ada lagi yang namanya kelangkaan. Dengan menggunakan pipa ini, pasokan BBM di daerah tersebut juga akan lebih terjamin,” imbuh Nicke.

Nicke menambahkan, di bagian utara Jawa saat ini telah terdapat jalur pipa yang menghubungkan Kilang Balongan sampai ke TBBM Plumpang di Jakarta. Sedangkan di selatan Jawa telah dibangun pipa yang menghubungkan Kilang Cilacap sampai ke Semarang Jawa Tengah yang akan disambung hingga Surabaya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas