Pesta Asia 2018

Asian Games 2018

Sumbang Perak dan Perunggu di Asian Games 2018, Rio Akbar Naik Pangkat Jadi Sertu TNI AL

zoom-in Sumbang Perak dan Perunggu di Asian Games 2018, Rio Akbar Naik Pangkat Jadi Sertu TNI AL
Tribun Pekanbaru/Rino Syahril
Sertu Rio Akbar, anggota TNI AL yang juga atlet dayung Riau peraih medali di Asian Games 2018. TRIBUN PEKANBARU/RINO SYAHRIL 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Rino Syahril

TRIBUNNEWS.COM, PEKANBARU - Atlet dayung Riau peraih medali perak dan perunggu di Asian Games 2018, Rio Akbar tidak hanya mendapat bonus dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Pria kelahiran 19 September 1994 itu juga mendapatkan apresiasi dari tempatnya berdinas. Apresiasi itu adalah percepatan kenaikan pangkat dari kesatuannya.

Selain seorang atlet dayung, Rio Akbar ternyata juga seorang anggota TNI AL yang berdinas di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta.

Atas prestasinya meraih perak di nomor Kano TBR 1000 meter putra dan perunggu di nomor Kano TBR 500 meter putra, pria kelahiran Kabupaten Kuansing, Riau itu Senin (10/9/2018) naik pangkat setingkat menjadi Sersan Satu (Sertu).

Baca: Eko Purnomo Bingung Rumahnya Dikepung Bangunan Tetangga hingga Tak Punya Akses Jalan

Promosi percepatan kenaikan pangkat itu sangat disyukuri oleh Rio. Pasalnya sesuai aturan Rio harus berdinas selama 7 tahun baru bisa naik pangkat satu tingkat.

Saat ini Rio baru berdinas sekitar 5 tahun di TNI AL dan lebih cepat 2 tahun dari kenaikan pangkat normal.

"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur sekali ternyata Panglima TNI sangat memberikan apresiasi kepada anak buahnya yang meraih medali di Asian Games 2018. Dan saya dianugrahi naik pangkat jadi Sertu lebih cepat 2 tahun," ujar Rio.

Menurut Rio saat mengikuti Asian Games dia tidak pernah berpikir akan cepat naik pangkat.

"Saat itu saya hanya fokus dan berjuang agar bisa meraih medali untuk mengharumkan nama negara," ucap Rio.

Berkat latihan keras dan perjuangan yang gigih bersama rekan-rekannya, Rio berhasil meraih medali perak dan perunggu.

Baca: Polisi Dalami Dugaan Unsur Kesengajaan Kecelakaan Bus di Cikidang

"Torehan prestasi saya itu ternyata diapresiasi oleh Panglima TNI dan kami anggota TNI yang meraih medali dianugrahi percepatan kenaikan pangkat," ungkapnya.

Upacara kenaikan pangkat itu dilaksanakan pada HUT ke-73 TNI AL, Senin (10/9/2018) di Kompleks Satuan Koarmada I Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Penghargaan kepada 5 anggota TNI AL yang meraih medali di cabor dayung Asian Games 2018 itu langsung dilakukan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Rio Akbar juga mengatakan, dirinya bukan dianugrahi percepatan kenaikan pangkat atas prestasinya di Asian Games, tapi juga mendapat tiket untuk masuk Sekolah Calon Perwira (Secapa).

"Nanti buktinya akan saya tambah lagi pada SEA Games 2019 di Manila, Filipina. Agar bisa meraih medali lagi. aya mohon doa dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Indonesia dan khususnya Riau," ujar Rio Akbar.

Artikel ini telah tayang di Tribunpekanbaru.com dengan judul Raih Prestasi di Asian Games 2018, Rio Akbar Naik Pangkat Jadi Sertu TNI AL

Berita Populer

Latest News

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas