Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Pesta Asia 2018

Asian Para Games 2018

Candaan Jokowi Sebut Negara Keluar Dana Besar untuk Bonus Atlet Asian Para Games

zoom-in Candaan Jokowi Sebut Negara Keluar Dana Besar untuk Bonus Atlet Asian Para Games
Seno Tri Sulistiyono/Tribunnews.com
Presiden Jokowi 

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR ‎-‎ Presiden Joko Widodo menyampaikan candaannya saat menyerahkan bonus kepada atlet Asian Para ‎Games 2018, dengan menyebut negara mengeluarkan anggaran lebih besar karena perolehan medali melebihi capaian Asian Games 2018.

Dalam sambutannya, Jokowi ‎menyampaikan target perolehan medali emas untuk Asian Para Games sebanyak 16 emas, dengan diharapkan meleset ke atas dan akhirnya menjadi kenyataan meraih 34 medali emas.

‎"Yang jelas emasnya melebihi Asian Games, tapi juga ingat APBN yang keluar juga menjadi lebih banyak, APBN yang keluar untuk saudara-saudara lebih banyak tapi kita syukuri Alhamdulillah," ucap Jokowi disambut tawa para atlet Asian Para Games di Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (13/10/2018).

Meski negara mengeluarkan anggaran besar untuk bonus para atlet berprestasi, Jokowi menilai, negara tetap tidak mengalami kerugian karena prestasi tersebut telah mengangkat harkat dan martabat negara Indonesia di kancah Asia.

"Karena ini untuk nama Bangsa dan Negara Indonesia‎," kata Jokowi yang disambut tepuk tangan.

Hari ini, Jokowi mengagendakan bersilaturahmi dengan para atlet Asian Para Games 2018 dan menyerahkan bonus secara simbolis kepada empat perwakilan di ruangan Garuda Istana Bogor.

Keempat atlet tersebut yaitu Hendri Wirawan atlet catur peraih emas, Aris atlet renang peraih perak, Sriyanti atlet lawn bowl, dan penghargaan sebesar Rp 20 juta kepada atlet belum berprestasi diwakili oleh Rahayu atlet para powerlifting.

Para atlet tersebut datang ke Istana dengan menggunakan jaket merah bertuliskan tim Indonesia dan celana olahraga berwarna hitam.

‎Menurut Jokowi, pemantauan latihan atlet terus dilakukan oleh pemerintah secara rutin, baik yang berada di Solo maupun di Jakarta.

"‎Saya melihat dedikasi, kerja keras saudara-saudara dalam berlatih, saya melihat badminton, saya lihat tenis meja, saya lihat, saya amati di voli duduk, di menembak, saya melihat sebuah dedikasi dan kerja keras dalam menyiapkan diri menghadapi Asian Para Games 2018," papar Jokowi.

Jokowi pun‎ memastikan bonus atlet Asian Para Games tidak berbeda dengan bonus yang telah diberikan kepada atlet Asian Games 2018, termasuk peraih medali emas berkah menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

"‎Yang jelas yang dapat emas itu dapat Rp 1,5 miliar, enggak tahu mau dipakai apa. Itu banyak, tapi itu sesuai prestasi bapak dan ibu. Sekali lagi, saya amat bangga pada saudara-saudara sekalian," ucap Jokowi.

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas