Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Pesta Bola

Piala Dunia 2018

Mungkin Ini Penyebab David De Gea dan Fernando Muslera Blunder di Piala Dunia 2018

zoom-in Mungkin Ini Penyebab David De Gea dan Fernando Muslera Blunder di Piala Dunia 2018
Twitter @FIFAWorldCup
Kiper Timnas Spanyol, David De Gea gagal menepis sepakan penalti pemain Rusia saat adu penalti dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Minggu (1/7/2018) malam WIB. 

TRIBUNNEWS.COM - Blunder kiper menjadi salah satu fenomena yang cukup banyak ditemui di beberapa pertandingan pada ajang Piala Dunia 2018.

Setidaknya, lima nama besar kiper dunia melakukan blunder saat membela negaranya di ajang empat tahunan ini.

Bahkan, blunder terjadi sejak babak penyisihan hingga babak final Piala Dunia 2018 sekalipun.

Kelima kiper top dunia yang melakukan blunder adalah David De Gea (Spanyol), Fernando Muslera (Uruguay), Willy Cabalero (Argentina), dan dua kapten timnas, Manuel Neuer (Jerman) serta Hugo Lloris (Prancis).

Dua dari lima blunder yang dilakukan oleh kiper-kiper tersebut terjadi karena kurang sempurnanya antisipasi yang dilakukan untuk menahan bola.

Nama pertama yang melakukan blunder adalah David De Gea saat mengawal gawang Timnas Spanyol melawan Timnas Portugal di babak penyisihan grup.

Blunder David de Gea
Kiper Timnas Spanyol, David De Gea (kanan) gagal menangkap bola tendangan Cristiano Ronaldo dengan sempurna sehingga bola masuk ke gawang saat timnya melawan Portugal dalam laga babak penyisihan Grup B Piala Dunia 2018 di Fisht Olympic Stadium, Sochi, Rusia, Sabtu (16/6/2018) dini hari WIB. (metro.co.uk)

David De Gea gagal menangkap bola tendangan Cristiano Ronaldo dengan sempurna dan si kulit bundar justru masuk ke gawang melalui celah di sela-sela kaki.

Gagalnya antisipasi David De Gea mengejutkan banyak penggemar sepak bola, terlebih sang kiper tampil luar biasa bersama timnya, Manchester United di Liga Inggris musim 2017-2018.

Baca: Hujan Turun di Fan Fest Moskow Tepat Setelah Gol Bunuh Diri Mario Mandzukic

Nasib serupa diterima oleh kiper Timnas Uruguay, Fernando Muslera dalam laga perempat final melawan sang juara dunia, Timnas Prancis.

Fernando Muslera yang hendak mengantisipasi tendangan Antoine Griezmann justru melakukan blunder saat hendak menepis bola.

Jika ditarik kembali menuju sebelum gelaran Piala Dunia 2018, kedua blunder ini bisa jadi disebabkan oleh satu masalah yang sama: Adidas Telstar 18!

Ya, bola yang dibuat untuk "mereinkarnasi" bola Piala Dunia edisi 1970 dan 1974 ini disinyalir menjadi penyebab blunder yang dilakukan oleh kedua kiper tersebut.

Pasalnya, kritik tajam terhadap Adidas Telstar 18 berdatangan sejak sebelum laga Piala Dunia 2018 bergulir.

David De gea sebelumnya pernah mengritik bola tersebut karena menyulitkan dirinya sebagai seorang kiper.

"Bola itu (Adidas telstar 18) sangat aneh. Seharusnya bisa dibuat lebih baik lagi," ucap David De Gea seperti dikutip dari AS.

Kiper Timnas Spanyol, David De Gea (kiri) gagal menangkap bola tendangan Cristiano Ronaldo (tengah) dengan sempurna sehingga bola masuk ke gawang saat timnya melawan Portugal dalam laga babak penyisihan Grup B Piala Dunia 2018 di Fisht Olympic Stadium, Sochi, Rusia, Sabtu (16/6/2018) dini hari WIB.
Kiper Timnas Spanyol, David De Gea (kiri) gagal menangkap bola tendangan Cristiano Ronaldo (tengah) dengan sempurna sehingga bola masuk ke gawang saat timnya melawan Portugal dalam laga babak penyisihan Grup B Piala Dunia 2018 di Fisht Olympic Stadium, Sochi, Rusia, Sabtu (16/6/2018) dini hari WIB. (metro.co.uk)

Kritik pun juga terlontar dari kiper kedua Timnas Jerman yang juga penjaga gawang Barcelona, Marc-Andre Ter Stegen.

"Bolanya seharusnya dibuat lebih baik lagi. Bolanya terasa cepat sekali bergerak," kata Marc-Andre Ter Stegen menilai.

Bahkan, rekan senegara David De Gea, Pepe Reina juga mengaku bahwa Adidas Telstar 18 bisa menyulitkan kiper.

Baca: Final Piala Dunia 2018, Suporter Prancis dan Kroasia tak Segila para Pendukung Brasil dan Argentina

Terlebih, Pepe Reina sempat memrediksi bola tersebut akan sulit ditangkap dalam tendangan jarak jauh, seperti tendangan yang menyebabkan blunder David De Gea dan Fernando Muslera.

"Saya berani bertaruh anda akan melihat paling tidak 35 gol jarak jauh (di Piala Dunia 2018), karena tidak mungkin (kiper) untuk menjangkaunya," ujar Pepe Reina seperti dilansir dari sumber yang sama.

"Dan bola itu dilapisi plastik yang membuatnya susah dipegang," kata sang pemain menambahkan. (*)

Berita ini sudah tayang di BolaSport.com dengan judul: Fenomena Kiper Blunder di Piala Dunia 2018, Jangan-jangan Ini Penyebabnya!

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas