Selebrasi Lokal 2022

Piala Dunia 2022

Sesmenpora Gunawan Turut Hadiri Oranje Indonesia Festival: Takjub Lihat Euforia Fans Belanda

Sesmenpora juga berharap hubungan baik antara Indonesia dan Belanda ini nantinya akan memiliki dampak yang baik untuk Tim Nasional Indonesia.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Sesmenpora Gunawan Turut Hadiri Oranje Indonesia Festival: Takjub Lihat Euforia Fans Belanda
dok: Kemenpora
Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gunawan Suswantoro (kanan) turut menghadiri acara Oranje Indonesia Festival di Lapangan Panahan GBK, Senayan, Jakarta, Jumat (25/11/2022). 

Sesmenpora Gunawan Turut Hadiri Oranje Indonesia Festival: Takjub Lihat Euforia Fans Belanda

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gunawan Suswantoro turut menghadiri acara Oranje Indonesia Festival di Lapangan Panahan GBK, Senayan, Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Pada acara tersebut Sesmenpora menyampaikan bahwa sepak bola khususnya Piala Dunia Qatar 2022 ini memiliki euforia dan dampak yang luar biasa untuk dunia.

Menurut Sesmenpora, sepakbola memang selama ini memiliki dampak besar, apalagi tahun ini penyelenggaraan Piala Dunia di Qatar memiliki antusias luar biasa dari masyarakat dunia.

Baca juga: Live Score Belanda vs Ekuador, Gol Keren Cody Gakpo Bawa De Oranje Satu Kaki Lolos ke Babak 16 Besar

“Saya melihat euforia sepak bola saat ini menunjukan bahwa, sepak bola akan menghantarkan kepada perdamaian dunia. Salah satu buktinya, Indonesia sendiri memiliki fans yang cukup banyak bahkan ribuan terhadap tim Belanda," ujar Sesmenpora.

Sesmenpora juga berharap hubungan baik antara Indonesia dan Belanda ini nantinya akan memiliki dampak yang baik untuk Tim Nasional Indonesia.

“Semoga hubungan baik antara Indonesia Belanda ini dengan fans yang begitu banyak ini memiliki dampak yang baik untuk timnas kita,” harap Sesmenpora. 

Arben dan sang adik, Vani saat hendak menyaksikan laga Belanda vs Ekuador di event Oranje Indonesia Festival, Lapangan Panahan GBK, Senayan, Jakarta, Jumat (25/11/2022).
Arben dan sang adik, Vani saat hendak menyaksikan laga Belanda vs Ekuador di event Oranje Indonesia Festival, Lapangan Panahan GBK, Senayan, Jakarta, Jumat (25/11/2022). (tribunnews.com/majid)

“Semangat anak muda yang mendukung sepak bola itu sangat luar biasa, ini menjadi bukti jika sepak bola bisa membawa perdamaian,” tambahnya.

Sementara Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert Grijns mengatakan pendukung Belanda di Indonesia sangat luar biasa. Bahkan dia melihat ke setiap daerah yang dia kunjungi seperti Yogyakarta, Sulawesi, dan daerah lainnya memiliki pendukung sepak bola yang besar.

“Di Indonesia ini saya melihat pendukung sepak bola Indonesia sangat luar biasa, dan pendukung tim Belanda ternyata cukup banyak di sini,” ujar Lambert Grijns.

Dari perwakilan PSSI, Direktur Teknik Timnas Indonesia Indra Sjafri juga berharap tim Belanda bisa sampai di babak final atau juara.

"Saya kira hubungan Indonesia dan Belanda memiliki history, jadi wajar jika pendukung Belanda di Indonesia sangat banyak sekali. Semoga Belanda bisa sampai final pada Piala Dunia Qatar 2022," kata Indra.

Pembukaan Oranje Indonesia Festival sendiri ditandai dengan tendangan mantan pemain Timnas Belanda Ron Vlaar ke gawang kecil. Acara Oranje Indonesia Festival ini semakin menarik dengan disuguhi berbagai pertunjukan band seperti Danila dan Jason Ranti.

Ikuti kami di
Klasemen
Group A
Tim
P
1
Belanda
7
2
Senegal
6
3
Ecuador
4
4
Qatar
0
Group B
Tim
P
1
Inggris
7
2
Amerika serikat
5
3
Iran
3
4
Wales
1
Group C
Tim
P
1
Argentina
6
2
Poland
4
3
Mexico
4
4
Saudi Arabia
3
Group D
Tim
P
1
Prancis
6
2
Australia
6
3
Tunisia
4
4
Denmark
1
Group E
Tim
P
1
Jepang
6
2
Spanyol
4
3
Jerman
4
4
Costa Rica
3
Group F
Tim
P
1
Morocco
7
2
Croatia
5
3
Belgia
4
4
Canada
0
Group G
Tim
P
1
Brazil
6
2
Swiss
6
3
Cameroon
4
4
Serbia
1
Group H
Tim
P
1
Portugal
6
2
Korea Selatan
4
3
Uruguay
4
4
Ghana
3
© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas