Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Selebrasi Lokal 2022

Final Piala Dunia 2022 dan Segala Dramanya, Gol Messi Mestinya Dianulir, Prancis Tak Dapat Penalti

Gol Messi mestinya dianulir, ada dua pemain cadangan Argentina yang masuk lapangan sesaat sebelum gawang Prancis bobol. Les Blues juga tak berhak

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Final Piala Dunia 2022 dan Segala Dramanya, Gol Messi Mestinya Dianulir, Prancis Tak Dapat Penalti
Twitter
MASUK LAPANGAN - Cuplikan video yang menunjukkan dua pemain cadangan Argentina berompi oranye, masuk ke lapangan sesaat sebelum Lionel Messi mencetak gol ketiga Argentina ke gawang Prancis pada menit ke-108 di Final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Qatar, Ahad (18/12/2022). 

Final Piala Dunia 2022 dengan Segala Dramanya, Gol Lionel Messi Mestinya Dianulir

TRIBUNNEWS.COM - Final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis di Lusail Stadium, Qatar, Minggu (18/12/2022) disebut-sebut sebagai satu di antara final Piala Dunia yang paling heroik dan dramatis.

Hingga akhirnya laga harus ditentukan oleh adu tendangan penalti, situasi pertandingan bertensi tinggi itu seperti sama sekali tak bisa terbaca dan tertebak arahnya.

Ragam kejadian dramatis, dalam balutan kejar-mengejar gol, terjadi sepanjang waktu 120 menit. Satu di antara yang menjadi sorotan adalah gol Lionel Messi.

Baca juga: Pele Kirim Pesan ke Messi yang Sukses Bawa Argentina Juara Piala Dunia: Diego Tersenyum Sekarang

Baca juga: Kumpulan Foto Dahsyat dari Final Piala Dunia 2022: The Million-Dollar Shot, Messi Segel Label GOAT

Gol Lionel Messi yang dimaksud adalah saat babak perpanjangan waktu di menit ke-108.

Gol Lionel Messi ini bermula dari tendangan kaki kanan Lautaro Martinez dari dalam kotak penalti Prancis yang bisa diblok oleh Hugo Lloris.

Namun, Lionel Messi, yang berada di depan gawang Prancis, sukses mencocor bola liar. Meski bisa dihalau ke luar gawang, bola secara nyata sudah melewati garis gawang. Skor 3-2 buat Argentina.

BERITA TERKAIT

Hanya, bukan sambaran Messi yang jadi sorotan, melainkan situasi di luar lapangan sesaat sebelum gol terjadi.

Banyak pihak yang menilai gol Messi mestinya dianulir, satu di antara pihak yang menekankan hal itu adalah L'Equipe yang menyoroti ada dua pemain cadangan Argentina yang masuk ke lapangan sebelum gol terjadi.

Dikutip dari L'Equipe seperti dilansir Mirror, dua pemain cadangan Argentina yang mengenakan rompi oranye terlihat masuk ke lapangan di detik-detik Messi menendang.

"Wasit Polandia Szymon Marciniak seharusnya memberikan tendangan bebas kepada Les Blues dan mempertahankan skor tetap 2-2," tulis Mirror merujuk pada analisis L'Equipe.

"Aturan resmi FIFA menyatakan: "Jika, setelah gol dicetak, wasit menyadari, sebelum permainan dimulai kembali, bahwa ada orang tambahan di lapangan permainan saat gol dicetak, wasit harus menganulir  gol tersebut," dilansir Mirror

Surat kabar L'Equipe asal Prancis itu menulis: “Kecuali tujuannya tidak valid, jika kita menerapkan aturan dengan ketat, ketika Messi melepaskan tembakan dari penyelamatan Hugo Lloris, beberapa pemain pengganti Argentina yang penuh emosi sudah berada di lapangan, siap untuk merayakannya. Yang sangat dilarang.”

Prancis Juga Tak Sepatutnya Dapat Penalti

Penyerang Prancis Kylian Mbappe mencium bola sebelum mengambil penalti untuk mencetak gol ketiga timnya dari titik penalti selama pertandingan final sepak bola Piala Dunia Qatar 2022 antara Argentina dan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha. (18 Desember 2022). (FRANCK FIFE/AFP)
Penyerang Prancis Kylian Mbappe mencium bola sebelum mengambil penalti untuk mencetak gol ketiga timnya dari titik penalti selama pertandingan final sepak bola Piala Dunia Qatar 2022 antara Argentina dan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha. (18 Desember 2022). (FRANCK FIFE/AFP) (AFP/FRANCK FIFE)
Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klasemen
Group A
Tim
P
1
Belanda
7
2
Senegal
6
3
Ecuador
4
4
Qatar
0
Group B
Tim
P
1
Inggris
7
2
Amerika serikat
5
3
Iran
3
4
Wales
1
Group C
Tim
P
1
Argentina
6
2
Poland
4
3
Mexico
4
4
Saudi Arabia
3
Group D
Tim
P
1
Prancis
6
2
Australia
6
3
Tunisia
4
4
Denmark
1
Group E
Tim
P
1
Jepang
6
2
Spanyol
4
3
Jerman
4
4
Costa Rica
3
Group F
Tim
P
1
Morocco
7
2
Croatia
5
3
Belgia
4
4
Canada
0
Group G
Tim
P
1
Brazil
6
2
Swiss
6
3
Cameroon
4
4
Serbia
1
Group H
Tim
P
1
Portugal
6
2
Korea Selatan
4
3
Uruguay
4
4
Ghana
3
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas