Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pilkada Serentak 2020

MK Siap Menangani Sengketa Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19

Anwar Usman menilai penyelenggaraan Pilkada di masa pandemi coronavirus disease (Covid-19), sangat dilematis.

MK Siap Menangani Sengketa Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19
Tribunnews.com/Ilham Rian Pratama
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, menyatakan kesiapan lembaga yang dipimpinnya menangani sengketa perselisihan pemilihan kepala daerah.

Pasal 157 ayat (3) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota memberikan kewenangan MK menyelesaikan sengketa Pilkada, sebelum terbentuk badan peradilan khusus.

Menurut Anwar Usman, MK sebagai lembaga negara di bidang yudisial yang diberi kewenangan memutus perselisihan pemilihan kepala daerah, akan senantiasa mempersiapkan diri mengemban amanah.

Namun, dia mengingatkan, kepada semua pihak saling mengingatkan kesuksesan dalam pelaksanaan demokrasi di Indonesia, khususnya pelaksanaan pilkada serentak adalah tanggung jawab bersama sebagai anak bangsa.

"Setiap kita dalam profesi masing-masing, baik sebagai penyelenggara pemilu, KPU dan Bawaslu, akademisi, advokat, pengamat, atau apapun profesi, termasuk di Mahkamah Konstitusi memiliki peran dan andil menjaga, mengawal, dan menegakkan nilai-nilai demokrasi yang sudah menjadi amanat konstitusi," kata dia, seperti dilansir laman MK, Sabtu (20/6/2020).

Dia menilai penyelenggaraan Pilkada di masa pandemi coronavirus disease (Covid-19), sangat dilematis. Di satu sisi, negara berkewajiban memenuhi hak-hak konstitusional warga negara berdemokrasi.

Di sisi lain, negara dihadapkan dengan kondisi melaksanakan protokol kesehatan, demi tidak semakin meluasnya pandemi Covid-19 di masyarakat.

Baca: Ayu Ting Ting Ulang Tahun, Didi Riyadi Rela Tengah Malam Beri Kejutan, Umi Kalsum Tulis Ucapan Ini

Anwar menjelaskan pelaksananaan protokol kesehatan itu juga merupakan bagian dari pemenuhan hak kesehatan masyarakat yang sesuai amanat Konstitusi.

Tantangan dan pilihan dalam melaksanakan Pilkada Serentak 2020 memang terasa berat.

Halaman
123
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas