Tribun

Pilkada Serentak 2020

Menantu Jokowi Diminta Bersabar, Golkar Sumut: Hanya Tuhan yang Bisa Ubah Keputusan Memilih Bobby

Nama menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution sebelumnya telah digadang-gadang untuk maju Pilkada Kota Medan.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Menantu Jokowi Diminta Bersabar, Golkar Sumut: Hanya Tuhan yang Bisa Ubah Keputusan Memilih Bobby
Instagram @ayanggkahiyang & @gibran_rakabuming
Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution dikabarkan akan maju dalam Pilkada 2020. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PDI Perjuangan hingga saat ini belum mengumumkan calon kepala daerah yang diusungnya untuk pemilihan wali kota Medan di Pilkada 9 Desember 2020.

Nama menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution sebelumnya telah digadang-gadang untuk maju Pilkada Kota Medan, apalagi Bobby sudah menjadi kader partai berlambang moncong putih itu.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, dalam mengusung calon kepala daerah, partai politik pastinya melakukan hitung-hitungan dan melihat momentum di lapangan.

"Untuk Kota Medan nanti tunggu momentum selanjutnya. Sama juga Kota Surabaya, Kota Banyuwangi, Kota Makassar dan lainnya. Jadi nunggu momentum dan arahan ibu Ketua Umum (Megawati)," papar Hasto saat pengumuman 45 pasangan calon kepala daerah yang diusung PDIP dalam Pilkada 2020, Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Hasto pun meminta seluruh kader PDIP di Kota Medan untuk bersabar dan ketika telah diputuskan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, maka semua kader harus mentaatinya.

"Beliau punya kewenangan untuk itu (pilih calon kepala daerah) sesuai dengan keputusan Kongres, maka semua wajib untuk taat, taat asas. Jadi yang di Kota Medan, tunggu tanggal mainnya," ujar Hasto.

Namun, Hasto tidak menyebut PDIP kapan kembali mengumumkan calon kepala daerah untuk Pilkada 2020 untuk tahap selanjutnya. Kemarin, PDIP telah mengumumkan 45 calon kepala daerah di tingkat Kabupaten/Kota dari wilayah Timur hingga Barat.

Baca: Bobby Nasution Pamer Kejutan Romantis dari Kahiyang Ayu

"Untuk hari ini (kemarin--red) kami pakai simbolik 45, kita mulai dari timur menuju barat. Matahari terbit dari timur, Bung Karno putra sang fajar," kata Hasto.

Partai Golongan Karya (Golkar) Provinsi Sumatera Utara telah mengumumkan 16 pasangan calon kepala daerah dari total 23 kabupaten/kota yang akan mengelar Pilkada serentak Desember mendatang.

Dari 16 pasangan, hanya pasangan untuk Pilkada Kota Medan yang belum diumumkan oleh Partai Golkar.

Sekretaris Partai Golkar, Amas Muda Siregar mengatakan, pihaknya masih menunggu bakal calon Wali Kota Medan Bobby Nasution menetapkan wakilnya.

"Kami menunggu Bobby Nasution menetapkan nama calon, begitu diumumkan langsung kami dukung," kata dia saat dikonfirmasi tribun medan.

Amas mengatakan, karena Bobby Nasution belum menetapkan wakilnya, Golkar Sumut belum mengumumkan pengusungannya.

Menurutnya, Golkar Sumut akan menaruh harapan kepada Bobby Nasution untuk menjadi Wali Kota Medan.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas