Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pilkada Serentak 2020

Ketua KPU: 734 Bakal Pasangan Calon Telah Mendaftar di Pilkada 2020

data sampai dengan pukul 11 siang terkait dengan perkembangan pendaftaran bakal Pasangan calon terdapat 734 bakal Pasangan calon

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Ketua KPU Arief Budiman mengatakan bahwa terdapat 734 bakal pasangan calon yang telah mendaftar pada Pilkada 2020.

Hal itu disampaikan Arief usai rapat terbatas persiapan Pilkada bersama Presiden, Selasa, (8/9/2020).

"Kemudian dilaporkan juga data sampai dengan pukul 11 siang terkait dengan perkembangan pendaftaran bakal Pasangan calon terdapat 734 bakal Pasangan calon," katanya.

Pasangan yang telah mendaftar tersebut terdiri dari  25 bakal pasangan calon pemilihan gubernur, 609 bakal pasangan calon pemilihan bupati, kemudian 100 Pasangan calon untuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota. 

Baca: Persiapan Pilkada, KPU di Kabupaten Belum Lengkap

"Dari jumlah tersebut ada 1.313 laki-laki dan 155 perempuan. Mereka kemudian pasangan menjadi 734 bakal Pasangan calon. Sebanyak 667 bakal Pasangan calon diusung oleh partai politik dan 67 bakal Pasangan calon maju mendaftar melalui jalur perseorangan," katanya.

Selain itu menurut Arief terdapat 28 daerah yang hanya memiliki satu pasangan calon. Serta terdapat 11 daerah yang memiliki kontestan paling banyak yakni 5 Bakal pasangan calon.

"Selebihnya terdistribusi ke daerah-daerah yang ada dua hingga tiga Pasangan calon dan empat pasangan calon. jadi paling sedikit satu pasangan calon dan paling banyak lima Pasangan calon," pungkasnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas