Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pilkada Serentak 2020

Pasangan Machfud Arifin-Mujiaman Tunjuk Eks Jubir KPK Gugat Hasil Pilkada Surabaya

Machfud Arifin-Mujiaman menunjuk mantan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah untuk mengawal sengketa hasil pilkada itu.

Pasangan Machfud Arifin-Mujiaman Tunjuk Eks Jubir KPK Gugat Hasil Pilkada Surabaya
TRIBUNNEWS/ILHAM RIAN
Febri Diansyah. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya nomor urut 2, Machfud Arifin-Mujiaman, melayangkan gugatan sengketa hasil pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Machfud Arifin-Mujiaman menunjuk mantan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah untuk mengawal sengketa hasil pilkada itu.

Selain Febri, terdapat deretan pengacara lain, seperti mantan Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz, Veri Junaidi, Jamil Burhan, Slamet Santoso, dan Muhammad Soleh. Hal ini pun dibenarkan oleh Febri Diansyah.

"Iya (sebagai tim kuasa hukum Machfud Arifin-Mujiaman). Hari ini gugat ke MK," kata Febri saat dihubungi, Senin (21/12/2020).

Sementara itu, Donal bersama rekannya Veri Junaidi akan mendaftarkan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilwali Kota Surabaya ke MK pada Senin (21/12/2020) ini.

"Kita mau daftarkan permohonan hari ini," kata Donal.

Pasangan Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota Surabaya, Machfud Arifin-Mujiaman beradu program dengan pasangan Eri Cahyadi-Armuji dalam Debat Publik II Pilwali Surabaya 2020 di Dyandra Convention Center, Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (18/11/2020). Debat Publik II bertema Peningkatan Pelayanan dan Kesejahteraan Masyarakat Kota Surabaya. Surya/Ahmad Zaimul Haq
Pasangan Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota Surabaya, Machfud Arifin-Mujiaman beradu program dengan pasangan Eri Cahyadi-Armuji dalam Debat Publik II Pilwali Surabaya 2020 di Dyandra Convention Center, Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (18/11/2020). Debat Publik II bertema Peningkatan Pelayanan dan Kesejahteraan Masyarakat Kota Surabaya. Surya/Ahmad Zaimul Haq (Surya/Ahmad Zaimul Haq)

Donal menduga terdapat kecurangan secara terstuktur, sistematis dan massif.

Baca juga: MK Telah Terima 82 Permohonan Sengketa Hasil Pilkada 2020

Bahkan terdapat sejumlah indikasi mobilisasi birokrasi dan anggaran, baik dari pemerintah kota maupun pemerintah pusat untuk memenangkan pasangan nomor urut 1. 

"Karut-marut Pilkada Kota Surabaya semakin diperparah dengan lemahnya penegakan hukum terhadap pelanggaran-pelanggaran yang terjadi secara kasat mata," ujar Donal.

Untuk diketahui, Pilkada Surabaya diikuti dua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas