Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menurut Pengamat, Ini Alasan Erick Thohir Dipilih Jadi Ketua Tim Sukses Jokowi-Ma'ruf

"Posisi calon, jubir dan tim kampanye itulah yang bisa sangat menentukan untuk menggaet suara milenial atau tidak," jelasnya.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Menurut Pengamat, Ini Alasan Erick Thohir Dipilih Jadi Ketua Tim Sukses Jokowi-Ma'ruf
tribunnews.com/abdul majid
Ketua Pantia Penyelenggara Asian Games (Inasgoc), Erick Thohir saat ditemui seusai acara kunjungan ke beberapa Venue yang ada di Kawsan GBK, Senayan, Jakarta, Jumat (3/8/2018). Tribunnews/Abdul Majid 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai pasangan petahana Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin kembali ke pola lama dalam merekrut Ketua Tim pemenangan dari sosok pengusaha.

Kembali ke pola lama, menurut dia, kalau benar Ketua Inasgoc Erick Thohir menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) atau timses Jokowi-Ma'ruf Amin.

Selain juga ada nama pengusaha lainnya, yakni Salah satunya adalah bos Gojek Nadiem Makarim dan bos televisi swasta Wishnutama.

"Artinya Jokowi kembali ke pola lama, ketua tim sukses adalah seorang pengusaha," ujar pendiri lembaga Survei KedaiKOPI kepada Tribunnews.com, Kamis (6/9/2018).

Baca: Sandiaga Mengaku Khawatir Dengar Erick Thohir Jadi Ketua Tim Pemenangan Jokowi - Maruf Amin

Menurut dia, pilihan terhadap Erick Tohir, juga tidak serta merta bisa membuat pilihan kaum milenial ke pasangan petana Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2018.

"Posisi calon, jubir dan tim kampanye itulah yang bisa sangat menentukan untuk menggaet suara milenial atau tidak," jelasnya.

Hanya saja keuntungannya, dia melihat, bila Erick Tohir menjadi Ketua tim pemenangan dari pasangan petahana, maka kekuatan bisnisnya pun turut serta berpihak kepada Jokowi-Ma'ruf Amin.

BERITA TERKAIT

Pun, kata dia, kehadiran Erick Tohir tidak akan berpengaruh terhadap naiknya eletabilitas pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Nama pengusaha Erick Thohir santer dikabarkan menjadi calon terkuat Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Wakil Presiden Jusuf Kalla yang ditanyai mengaku tak tahu terkait kebenaran hal tersebut.

Diketahui, JK ditunjuk sebagai Ketua Dewan Pengarah di Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

"Saya belum tahu. Saya kan tidak terlibat dalam pemilihan itu," kata Jusuf Kalla di kantor wakil presiden RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (6/9/2018).

Bagi Kalla berbicara soal cara bekerja Erick Thohir, itu telah terbukti dalam penyelenggaraan ajang pesta olahraga Asian Games lalu.

"Ya saya belum tahu. Kalau soal kerja Erick hebat. Buktinya Asian games. Tapi saya tidak tahu kalau dibidang politik," ujar Kalla.

Sejauh yang JK ketahui, Erick Thohir belum memiliki rekam jejak di bidang politik.

"Saya belum tahu. Anak hebat untuk bekerja dibidang olahraga, soal begini-begini," tutur JK.

Sebelumnya, Bakal calon wakil presiden, Ma'ruf Amin menyebut, nama pengusaha Erick Thohir sudah hampir pasti mengisi posisi Ketua TKN.

"Ya, saya kira Erick Thohir. Kalau enggak salah sudah ditetapkan. Nanti diumumkan," ujar Ma'ruf di kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/9/2018).(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas