Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peneliti Nilai Kasus Hoaks Ratna Sarumpaet Buat Suara Prabowo-Sandi Akan Tergerus di Pilpres 2019

Hal inilah, menurut dia, diyakini akan membuat posisi Prabowo-Sandiaga tidak cukup kompetitif dalam mengarungi Pilpres 2019 mendatang

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Peneliti Nilai Kasus Hoaks Ratna Sarumpaet Buat Suara Prabowo-Sandi Akan Tergerus di Pilpres 2019
Tribunnews/JEPRIMA
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto saat memberikan keterangan pers mengenai perekonomian Indonesia di kediamannya, Jakarta Selatan, Jumat (5/10/2018). Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Blunder politik yang dilakukan Tim Pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno terkait kasus hoaks pengroyokan Ratna Sarumpaet membuat persepsi publik pada pasangan nomor urut 02 menjadi tidak cukup baik.

Menurut Ketua Pusat Studi Politik & Keamanan (PSPK) Universitas Padjadjaran Bandung, Muradi, hal itu berkaitan dengan berita bohong yang terviral dan disampaikan oleh sebagian elit politik dari pasangan Prabowo-Sandi.

Baca: Truk Terjun Bebas di Lemahabang, Timpa Gudang Milik Kementerian PUPR

Termasuk juga kata dia, Prabowo dan Sandiaga yang bersama elit politik lainnya hingga melakukan konferensi pers dan mengecam aksi pengroyokan tersebut yang ternyata hoaks.

"Kecerobohan dalam politik bisa saja menjadi hal yang biasa. Namun jika berkali-kali dilakukan dan nampak kesulitan untuk mengklarifikasi dan cenderung menyalahkan lawan politik hanya akan membuat posisi dan penerimaaan publik makin negatif," ujar Muradi kepada Tribunnews.com, Jumat (5/10/2018).

Baca: Jual Saham Saratoga Sandiaga Uno Beli Surat Utang Negara, Terungkap Tujuan Sebenarnya

Baca: Rupiah Tembus 15 Ribu per Dolar AS, Iwan Fals Singgung Mata Uang Zimbambwe

Hal inilah, menurut dia, diyakini akan membuat posisi Prabowo-Sandiaga tidak cukup kompetitif dalam mengarungi Pilpres 2019 mendatang.

Lebih lanjut ia menyebut ada tiga penegas mengapa potensi elektabilitas Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019 akan tergerus.

BERITA TERKAIT

Pertama, ia mengatakan, respon bersifat reaksioner atas sejumlah fenomena dan klaim ‘play victim’ dari elit politik yang tidak melalui mekanisme kros cek atas informasi Yang diserap mengakibatkan informasi tersebut menjadi diragukan kebenarannya dan mengarah ke informasi bohong.

Kedua, kemampuan untuk mengelola isu dan program yang ditampilkan tidak dalam posisi yang tepat.
Menurut dia, hal ini mengarah kepada kemungkinan memanfaatkan isu yang diragukan kebenarannya.
Dan kasus hoaks Ratna Sarumpaet, ia melihat, bagian dari puncak atas kecerobohan yang terus menerus dilakukan selama ini.

Dan yang ketiga adalah penegasan asal beda dari calon lain mengakibatkan posisi dari masing-masing pasangan calon berada pada perbedaan pijakan politik.

"Pembelahan ini pada akhirnya menguatkan perbedaan diantara keduanya, sehingga apapun hal yang dianggap bisa men-downgrade masing-masing calon dengan segala potensi yang ada," jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria meyakini, kasus informasi bohong atau hoaks penganiayaan Ratna Sarumpaet tak akan memengaruhi elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Menurut saya tidak berbanding lurus kasus Ratna Sarumpaet dengan elektabilitas pasangan Prabowo-Sandiaga. Kita tahu Prabowo-Sandi, kita bisa lihat track record dan latar belakang,” ujar Riza saat ditemui di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat, (5/10/2018).

Baca: Polrestabes Surabaya Selidiki Dugaan Penjualan Bayi Melalui Instagram

Riza mengatakan, kasus berita bohong tersebut bisa memberikan hikmah yang penting bagi pihaknya serta bangsa Indonesia.

“Jadi kasus ini mengambil hikmah besar bagi kami dan warga negara Indonesia harus memahami dan mengerti, bahwa pak Prabowo bersimpati, orang yang baik, orang yang sportif, dan berjiwa besar mau meminta maaf,” tutur Riza.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas