Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cerita Pembatik Solo di Balik Proses Pembuatan Batik Motif Dua Jari yang Terinspirasi Sandiaga Uno

Di balik proses pembuatan batik motif dua jari dari Solo, ada sejumlah perajin yang selama puluhan tahun setia 'mengukir' kain menggunakan canting.

Editor: Hanang Yuwono
zoom-in Cerita Pembatik Solo di Balik Proses Pembuatan Batik Motif Dua Jari yang Terinspirasi Sandiaga Uno
TRIBUNSOLO.COM/ASEP ABDULLAH ROWI
Seorang perajin tengah mengecap pola saat produksi kain batik bermotif dua jari di Batik Putra Laweyan, Kampung Batik Laweyan, Kecamatan Laweyan, Solo, Jumat (8/3/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Asep Abdullah Rowi

TRIBUNNEWS.COM, SOLO - Di balik proses pembuatan batik motif dua jari dari Solo, ada sejumlah perajin yang selama puluhan tahun setia 'mengukir' kain menggunakan canting.

Di antaranya Pardjini (64) dan Sujinah (70), yang memiliki tugas khusus untuk ngesik (menutup pola dengan cairan malam) hingga mbironi (memberi warna) menggunakan canting di Batik Putra Laweyan, Kampung Batik Laweyan, Kecamatan Laweyan, Solo, Jumat (8/3/2019).

Bagi Mbah Pardji sapaan akrab Supardji, motif batik dua jari yang terinspirasi oleh Sandiaga S Uno berisi simbol jari, trumtum dan cecek itu, tidak lebih sulit dibandingkan motif umumnya.

"Kalau hanya ngesik dan mbironi di motif batik dua jari, tidak begitu sulit," jelas dia.

"Kalau batik pada umumnya yang murni motif truntum misalnya, bisa lebih lama beberapa jam satu lembarnya," ucapnya menegaskan.

Tetapi warga Kelurahan Pajang yang sudah 20 tahun bekerja di rumah produksi milik Gunawan Muhammad Nizar itu, berhati-hati dalam membatik batik khas tersebut.

BERITA TERKAIT

"Harus hati-hati, karena kan memang pesanan terbatas," terang dia.

Begitu juga dengan Mbah Sujinah.

Perempuan yang sudah 40 tahun meliuk-liukkan canting juga mengaku hati-hati dalam membatik kain yang sebelumnya sudah dipola dengan cetakan olah perajin lain.

Baca halaman selanjutnya >>>

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas