Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PoliticaWave: Penampilan Ma’ruf Amien di Debat Ketiga Melebihi Ekspektasi Netizen

Tema yang diangkat pada debat kali ini mengenai Pendidikan, Kesehatan, Kebudayaan dan ketenagakerjaan.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in PoliticaWave: Penampilan Ma’ruf Amien di Debat Ketiga Melebihi Ekspektasi Netizen
Kompas.com/ GARRY ANDREW LOTULUNG
Calon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin berjabat tangan dengan calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno dalam debat ketiga Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam. Peserta debat ketiga kali ini adalah cawapres masing-masing paslon dengan tema yang diangkat adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Debat Pilpres 2019 putaran ketiga yang menghadirkan Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin dan Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno digelar, Minggu (17/3/2019) semalam di Hotel Sultan, Jakarta, memiliki keriuhan tersendiri di dunia maya.

Tema yang diangkat pada debat kali ini mengenai Pendidikan, Kesehatan, Kebudayaan dan ketenagakerjaan.

Berdasarkan pantauan PoliticaWave di media sosial pada 17 Maret 2019, Ma’aruf Amin mendominasi percakapan netizen dengan jumlah percakapan sebesar 58,26 persen.

"Dengan perbandingan 98 persen sentimen positif dan 2 persen sentimen negatif," ujar Founder of PoliticaWave, Yose Rizal, melalui keterangannya kepada Tribunnews.com, Senin (18/3/2019).

Sementara Sandiaga Uno mendapatkan jumlah percakapan sebesar 41,74 persen, dengan perbandingan jumlah sentimen positif sebesar 79 persen dan mendapat 21 persen sentimen negatif.

Dari hasil analisa imbuh dia, dapat disimpulkan bahwa Ma'ruf Amin unggul pada semua segmen debat Cawapres, baik dari sisi jumlah percakapan maupun sentimen positif.

Pada segmen ke-5 Ma'ruf Amin meraih percakapan positif terbesar dengan 98,88 persen. Hal ini dikarenakan pernyataan Ma’ruf Amin yang dianggap mampu menjelaskan secara detil mengenai stunting dan cukup tenang dalam menyampaikannya.

BERITA TERKAIT

Disisi lain, Sandi meraih percakapan positif terbesar pada segmen awal sebesar 96,89 persen dengan rencana penghapusan UN (Ujian Nasional).

Baca: KPK Duga Romy Tak Sendirian Terima Aliran Dana Suap Jual Beli Jabatan di Kemenag, Siapa Gerangan?

Kemudian, Ma’ruf Amin meraih percakapan negatif tertinggi pada segmen 2 dikarenakan banyak netizen yang kurang memahami maksud dari 10 years challenge.

Sedangkan, Sandi meraih percakapan negatif tertinggi di segmen 2, hal ini dikarenakan adanya sindiran yang dilontarkan terkait contekan.

PoliticaWave juga merangkum percakapan netizen pada setiap segmen. Berikut statistik dari setiap segmen Debat.

1. Segmen I

* KH Ma'ruf Amin:

Tercatat sebanyak 72,89 persen percakapan dengan sentimen positif 98,66 persen dan 1,34 persen sentimen negatif.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas