Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi-Ma'ruf Unggul di Survei, Pengamat: Banyak Pemilih Tentukan Pilihannya di Bilik Suara

Hendri Satrio mengatakan hasil survei ini lebih berguna bagi tim sukses masing-masing pasangan guna mempersiapkan diri jelang Pilpres 2019.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Jokowi-Ma'ruf Unggul di Survei, Pengamat: Banyak Pemilih Tentukan Pilihannya di Bilik Suara
Tribunnews/JEPRIMA
Bakal Calon Presiden Joko Widodo bersama Bakal Calon Wakil Presiden Maruf Amin saat memberikan sambutan seusai acara rapat pleno penetapan nomor urut Capres dan Cawapres di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Jumat (21/9/2018). Jokowi dan Maruf Amin mendapatkan nomor urut 1 dan Probowo Sandi nomor urut 2. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dua survei teranyar dirilis hari ini.

Kedua survei itu yakni Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dan Indo Barometer.

Hasil kedua survei menunjukkan elekatabilitas calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin masih unggul dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menurut Pengamat Komunikasi Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio, hasil survei ini lebih berguna bagi tim sukses masing-masing pasangan guna mempersiapkan diri jelang Pilpres 2019.

Melalui hasil survei dua lembaga ini, kata dia, tim Prabowo-Sandi harus lebih bekerja keras lagi.

Baca: KPU Sosialisasikan Pemilu ke Duta Besar

Sementara tim Jokowi-Ma'ruf Amin bisa bernafas lega.

"Kalau unggul seperti ini tampaknya pak Jokowi sudah bisa untuk bersantai. Tapi kenyataannya tidak begitu. Beliau tetap semangat menjaga keunggulan," ujar pendiri lembaga Survei KedaiKOPI ini kepada Tribunnews.com, Selasa (2/4/2019).

BERITA TERKAIT

Namun menurut Hendri Satrio, hasil survei belum merupakan fakta sesungguhnya tentang peta dukungan pemilih di Pilpres 2019.

Karena, dia mencatat, berdasarkan hasil survei KedaiKOPI, masih banyak pemilih yang menentukan pilihannya di bilik suara, pada Rabu (17/4/2019) mendatang.

"Hasil survei kedaiKOPI masih banyak pemilih yang menentukan pilihannya di bilik suara," tegas Hendri Satrio.

Baca: Pilpres 2019, Prilly Latuconsina: Aku Anti Golput

Dengan demikian dia masih meyakini angka-angka dalam survei akan berubah.

Untuk itu data-data dalam survei akan menjadi sangat penting bagi masing-masing timses untuk terus berjuang memenangkan paslonnya.

Untuk diketahui, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terbaru di Maret 2019 terkait elektabilitas pasangan capres dan cawapres. Jokowi-Ma'ruf masih unggul dari Prabowo-Sandi.

"Elektabilitas Maret 2019, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin ‎sebesar 56,8 persen-63,2 persen. Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 36,8 persen-43,2 persen. Pilpres 2019 mendekati garis finis, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin unggul telak dibandingkan dengan pasangan Prabowo - Sandiaga Uno," ucap Penelisi LSI, Ardian Sopa saat merilis hasil survei di Kantor LSI, Jl Pemuda, Jakarta Timur, Selasa (2/4/2019).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas