Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pilpres 2019

Toilet dan Lingkungan GBK Tetap Bersih Berkat Kesigapan Tim Semut Gercep Putih

Sukarelawan yang terlibat dalam tim tersebut mempunyai inisiatif sendiri untuk mendukung pelaksanaan Rapat Umum Rakyat

Toilet dan Lingkungan GBK Tetap Bersih Berkat Kesigapan Tim Semut Gercep Putih
TRIBUNNEWS.COM/TONI
Tim Gerak Cepat Kebersihan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ratusan ribu massa  tak hanya akan merasakan suasana kegembiraan pada kampanye penutup capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin di kompleks Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.

Selain dapat menikmati sajian berupa air minum dan roti gratis, serta ragam sajian kuliner dan tontonan melalui LED Screen, mereka juga bisa menggunakan ragam fasilitas umum lainnya seperti toilet yang terjaga kebersihannya.

Untuk menjaga keapikan dan keindahan kawasan GBK meski dijubeli ratusan ribu massa, panitia telah menyiapkan 500 sukarelawan kebersihan yang tergabung dalam Tim Semut Gercep (Gerak Cepat) Putih.

Mereka bergabung dengan tim kebersihan organik dari Gelora BUng Karno.

"Soal kebersihan menjadi faktor utama yang saya tekankan kepada seluruh panitia pelaksana, dan relawan yang tergabung di Rapat Umum Rakyat: Konser Putih Bersatu. Pengalaman saat Asian Games 2018 lalu, ketika kita mampu menjaga keasrian, keindahan, dan kebersihan GBK akan dipertahankan saat kampanye capres Jokowi-Ma'ruf Amin ini berlangsung," jelas Ketua Tim Kampanye Nasional, Erick Thohir, di Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Baca: Pendukung Jokowi Berdatangan dari Berbagai Penjuru ke GBK, Ada dari Belanda

Tim Semut Gercep Putih sendiri dikomandai oleh Syafiq Pontoh. Menurutnya, sukarelawan yang terlibat dalam tim tersebut mempunyai inisiatif sendiri untuk mendukung pelaksanaan Rapat Umum Rakyat dengan menjaga kebersihan.

"Tak hanya lingkungan sekitar GBK, mulai dari toilet, fasilitas parkir, fasilitas istirahat massa, seperti tempat kuliner dan tenmpat-tempat lainnya juga dijaga oleh tim semut kami. Istilahnya, ketika melihat sampah sedikit, mereka langsung pungut," jelasnya.

Dalam kesempatann itu, Erick menghimbau agar masyarakat membuang sampah pada tempatnya, atau membawa sendiri kantong sampah untuk dirinya dan komunitasnya, menjaga kebersihan toilet baik yang ada di GBK maupun toilet toilet yang tersebar di sekeliling GBK. 

Penulis: Toni Bramantoro
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas