Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menkopolhukam Cari Kelompok yang Bertanggung Jawab dari Kerusuhan di Jakarta

Pemerintah tengah menelusuri kelompok mana yang menjadi dalang dari sejumlah aksi kerusuhan di sejumlah lokasi

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Sanusi
zoom-in Menkopolhukam Cari Kelompok yang Bertanggung Jawab dari Kerusuhan di Jakarta
Tribunnews/Irwan Rismawan
Massa terlibat bentrok dengan petugas kepolisian di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019). Bentrokan antara polisi dan massa terjadi dari dini hari hingga pagi hari. Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Pemerintah tengah menelusuri kelompok mana yang menjadi dalang dari sejumlah aksi kerusuhan di sejumlah lokasi di ibu kota pada Rabu (22/5/2019) dini hari tadi.

"Ini sedang kita dalami di rapat Menkopolhukam semalam, sedang kita sisir. Kami akan petakan sebaik-baiknya agar ada gambaran yang jelas," ucap Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko di kantornya, Senin (20/5/2019).

Moeldoko juga berharap ‎kerusuhan tidak merembet dan selesai hari ini. Terkait aksi yang tiba-tiba memanas tengah malam hingga dini hari, Moeldoko mengaku pihaknya sudah bisa memperkirakan.

"Kita semua berharap supaya selesai. Karena memang sesuai dengan apa yang kita perkirakan. Kami tetap berharap hari ini bisa dituntaskan," imbuhnya.

Ketua Harian Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Moeldoko saat sukuran kemenangan Jokowi-Ma'ruf di kantor DPP Projo, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (22/4/2019) malam.
Ketua Harian Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Moeldoko saat sukuran kemenangan Jokowi-Ma'ruf di kantor DPP Projo, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (22/4/2019) malam. (Fransiskus Adhiyuda/tribunnews.com)

Lebih lanjut mengenai adanya informasi warga sipil yang tertembak, Moeldoko mengaku belum bisa memastikan dan masih terus mencari klarifikasi.

"Ini masih didalami, saya belum bisa berikan klarifikasi karena harus ada kepastian seperti apa kondisi yang melatarbelakangi. Kenapa bisa terjadi seperti itu, nanti akan bisa diungkapkan," tuturnya.

Terakhir Moeldoko meyakini situasi hari ini bakal terus kondusif‎ dan seluruhnya bisa diselesaikan. Dia juga mengimbau ke masyarakat untuk menghindari area Sudirman karena daerah itulah yang jadi fokus pergerakan massa.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas