Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi dan Prabowo Bertemu, Perludem: Pertemuan Simbolik yang Sarat Makna

Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraeni menilai pertemuan Joko Widodo dan Prabowo Subianto merupakan pertemuan simbolik sarat makna.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Jokowi dan Prabowo Bertemu, Perludem: Pertemuan Simbolik yang Sarat Makna
Tribunnews.com/ Danang Triatmojo
Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraeni di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/7/2019). 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraeni menilai pertemuan dua tokoh bangsa yang sempat bertarung dalam ajang Pilpres 2019, Joko Widodo dan Prabowo Subianto merupakan pertemuan simbolik sarat makna.

"Pertemuan simbolik yang sarat makna. Hal yang simbolik itu punya makna yang besar," ujar Titi Anggraeni di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/7/2019).

Namun, di balik pertemuan simbolik keduanya dalam moda transportasi baru Ibu Kota, MRT, dan segala macam gestur yang ditampilkan, Titi meyakini ada sesuatu yang melatar belakangi pertemuan tersebut.

"Kita harus akui, kita tidak tahu apa yang terjadi di belakang pertemuan simbolik itu. Tapi hal yang simbolik itu punya makna besar," ujarnya.

Baca: Mayat dalam Karung di Blora, Pelaku Pembunuhan Makan Disamping Jenazah Sebelum Buang Korban ke Hutan

Baca: Ini Arahan Presiden Jokowi Kepada Jajarannya Dalam Penyusunan RAPBN 2020

Baca: Amien Rais: Yang Ngomong Dunia Seolah Kursi Sesuatu yang Hebat, Itu Belum Paham Arti Kehidupan

Baca: Isi Surat Prabowo untuk Amien Rais: Pak Amien Keutuhan Bangsa dan NKRI Lebih Saya Pentingkan

Lebih lanjut, terlepas dari semua persoalan dibaliknya, para elite politik yang berada disekitar Jokowi dan Prabowo harus benar-benar menjaga dan mendinginkan suasana pasca pertarungan Pilpres.

Para elite politik di belakang dua tokoh bangsa tersebut harus mampu meredam segala perbedaan dan menghilangkan polarisasi di tengah masyarakat.

BERITA TERKAIT

"Harusnya betul-betul dijaga oleh para elite yang berada di sekitar pak Jokowi dan pak Prabowo bagaimana kemudian kita mampu mendinginkan suasana dan merangkul kembali masyarakat kita yang terbelah dan terpolarisasi akibat Pilpres," jelas Titi.

Jokowi dan Prabowo berbincang di MRT, Sabtu (13/7/2019).
Jokowi dan Prabowo berbincang di MRT, Sabtu (13/7/2019). (DOK. Sekretariat Kabinet)

Seperti diketahui, Presiden terpilih Joko Widodo dan kompetitornya di Pilpres 2019, Prabowo Subianto akhirnya bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Sabtu (13/7) kemarin.

Keduanya sempat saling berpelukan ‎sebelum akhirnya masuk ke rangkaian MRT, tepatnya di gerbong 1.

Berbincang santai, keduanya duduk bersebelahan di dalam kereta MRT Stasiun Lebak Bulus yang mengarah ke Stasiun Istora Mandiri.

Keduanya mengakhiri pertemuan tersebut dengan makan siang bersama di Restoran Sate Khas Senayan yang berada di Mall Fx Sudirman.

Sikap Kesatria

Banyak apresiasi datang terkait pertemuan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto pada akhir pekan lalu.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas