Tribun Podcast

Podcast

Asal Usul Tradisi Ziarah Kubur Sebelum Ramadan di Indonesia

Bagaimana sejarah ziarah kubur? Apakah baru ada sejak masuknya Islam di Indonesia atau bahkan sudah ada lebih lama lagi?

Editor: Delta Lidina Putri
zoom-in Asal Usul Tradisi Ziarah Kubur Sebelum Ramadan di Indonesia
Warta Kota/Yulianto Anto
Warga melakukan ziarah kubur jelang bulan suci Ramadan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Minggu (27/3/2022). Sepekan menyambut bulan suci Ramadan, warga mulai berbondong-bondong melakukan ziarah kubur ke makam sanak saudara atau keluarga di TPU yang berada di wilayah Jakarta. (Warta Kota/YULIANTO) 

TRIBUNNEWS.COM - Simak episode Tribunnews Podcast selengkapnya di Spotify.

Tak hanya sekadar datang, dalam melakukan ziarah kubur, orang-orang akan membersihkan makam dan mendoakan sanak saudara atau kerabat yang telah tiada.

Lantas, bagaimana sejarah ziarah kubur? Apakah baru ada sejak masuknya Islam di Indonesia atau bahkan sudah ada lebih lama lagi?

Nah, menurut dosen Ilmu Sejarah Universitas Airlangga (Unair) Purnawan Basundoro, ziarah kubur merupakan sebuah tradisi yang sudah sangat tua.

Asal Usul Ziarah Kubur

Tradisi ini sudah ada sejak lama, bahkan sebelum islam masuk dan diyakini oleh masyarakat dilakukan untuk memberikan penghormatan kepada para leluhur dan nenek moyang.

"Penghormatan terhadap nenek moyang itu tradisi lama ya, lama sekali,” ujar Purnawan Basundoro, seperti dikutip dari Kompas.com 13 Mei 2021.

Kemudian ketika Islam datang, sambung dia, muncul tradisi ziarah kubur serupa yang dibalut dengan ajaran Islam.

Kenapa ziarah kubur dilakukan saat Ramadan

Lebih lanjut, soal masalah waktu ziarah kenapa kebanyakan dilakukan saat bulan Ramadan.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas