Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PON Papua

Stevani Ibo Berharap Punya Penerus dari Tanah Papua Alasannya Punya Arena Dayung Kelas Atas

zoom-in Stevani Ibo Berharap Punya Penerus dari Tanah Papua Alasannya Punya Arena Dayung Kelas Atas
Tribunnews/JEPRIMA
Selebrasi atlet dayung Papua Stevani Maysche IBO dan atlet dayung Riau Raudani Fitria usai pertandingan final dayung kelas WK 1 200 di Teluk Youtefa, Jayapura, Papua, Jumat (1/10/2021). Stevani Maysche IBO berhasil memenangkan pertandingan tersebut dengan catatan waktu 42.486 mengalahkan atlet dari Riau dan Jawa Barat. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Wahyu Septiana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAYAPURA - Ratu dayung asal Papua, Stevani Maysche Ibo memiliki harapan besar olahraga dayung bisa semakin digemari oleh masyarakat Bumi Cendrawasih.

Olahraga dayung di tanah Papua masih belum banyak dikenal oleh masyarakat setempat.

Jumlah atlet olahraga dayung di Papua masih sangat minim.

Padahal, Papua sendiri memiliki arena dayung kelas atas usai dibangun untuk digunakan di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Untuk itu, Stevani Ibo memiliki harapan besar dengan adanya ajang PON ini bisa semakin mengangkat olahraga dayung di Papua.

"Perkembangan dayung sendiri di Papua kalau saya lihat masih kurang berkembang ya. Atletnya masih kurang sekali," kata Stevani Ibo kepada Tribun Network di Arena Dayung Teluk Youtefa, Kota Jayapura.

Pedayung asal Sentani, Kabupaten Jayapura, itu berharap torehan prestasi yang diukir di ajang PON Papua ini bisa membangkitkan gairah dayung di tanah Papua.

Masyarakat diharapkan bisa termotivasi atas raihan yang sudah didapat Stevani Ibo di cabor dayung.

"Dengan saya bermain di sini dan bisa menorehkan medali emas, diharapkan semua masyarakat banyak yang melihat saya. Mereka bisa memperhatikan saya bertanding," ungkapnya.

"Semoga mereka bisa termotivasi menjadi atlet dayung juga. Semoga semuanya terus berkembang dan bisa melahirkan atlet baru dayung di tanah Papua," tambahnya.

Di sisi lain, Papua sendiri akhirnya memiliki venue dayung berkualitas yang juga memiliki keindahan luar biasa.

Venue dayung di tanah Papua berlokasi di Teluk Youtefa, Kota Jayapura.

Menurut Stevani Ibo, venue dayung yang ada saat ini diharapkan bisa bermanfaat dan melahirkan bibit-bibit baru di Bumi Cendrawasih.

"Venue dayung di Papua ini sangat luar biasa bagi kami masyarakat Papua. Kami bisa mememanfaatkan fasilitas ini untuk berlatih dan mencari bibit-bibit baru atlet dayung di tanah Papua," ujarnya.

Seperti diketahui, venue dayung Teluk Youtefa berada di dekat Pantai Hamadi dan Jembatan Merah atau Jembatan Youtefa.

Keindahan alam luar biasa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang ke tempat tersebut.

Venue dayung di Teluk Youtefa ini memang tidak jauh dari pusat Kota Jayapura.

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas