Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pecahkan Rekor PON Cabang Lempar Lembing, Abdul Hafiz Sukses Sabet Medali Emas

zoom-in Pecahkan Rekor PON Cabang Lempar Lembing, Abdul Hafiz Sukses Sabet Medali Emas
Tribun Medan
Atlet lempar lembing Sumut, Abdul Hafiz berpose sambil menggigit medali emas yang diraihnya usai pecahkan rekor lemparan sejauh 71,03 meter, di Stadion Atletik Mimika, Selasa (5/10/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, MIMIKA – PON XX Papua 2021 melombakan 56 cabang olahraga di berbagai venue yang dipertandingkan di empat daerah yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Khusus untuk cabang atletik, PON XX Papua melombakan 23 nomor perlombaan putra dan putri yang dipertandingkan untuk memperebutkan 46 medali emas, 46 medali perak, dan 46 medali perunggu.

Bertempat di Stadion Atletik Mimika, perlombaan cabang atletik hari pertama telah berlangsung pada Selasa (5/10/2021). Cabang olahraga lempar lembing yang juga termasuk dalam atletik yang dilombakan sukses mencatatkan nama baru dalam rekor kemenangan.

Lahirnya nama pemenang baru

Atlet asal kontingen Sumatera Utara, Abdul Hafiz mencatatkan lemparan sejauh 71,03 meter. Selain menjadi penyumbang emas, atlet asal Binjai ini juga memecahkan rekor PON terdahulu atas nama Agustinus Mahuse dengan jarak 68.81 meter yang juga menjadi lawannya pada cabang yang sama.

Abdul Hafiz berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan para pesaingnya. Sementara itu, Agustinus dengan catatan lemparan 64.58 m harus puas mendapatkan medali perak. sedangkan Egi Patil Pranata dari Bengkulu dengan catatan jarak 63.22 m yang berada di peringkat ketiga.

Pelatih atletik Sumut, Joseph Lummy, mengaku bangga dan bersyukur atas capaian emas dan rekor yang dipecahkan oleh anakn didiknya, Abdul Hafiz. 

"Terakhir saat SEA Games di Filipina 2019 mendapat medali perak. Lemparannya 71.00 m. Namun di PON Papua lemparannya 71.03 m. Lemparannya ini tidak saja memecahkan rekor pribadi, tapi juga rekor PON," ujarnya.

Capaian rekor tersebut berhasil dilakukan oleh Hafiz saat melakukan lemparan keenam, setelah lima lemparan sebelumnya hanya berada di kisaran 67-an meter. 

Tak punya strategi khusus, Joseph konsisten memberikan motivasi untuk Hafiz demi membuktikan bahwa dirinya adalah atlet lempar lembing terbaik di Indonesia saat ini. 

Dengan raihan medali emasnya, Hafiz berhasil memberikan sumbangsih satu dari enam medali emas yang didapatkan oleh Sumatera Utara.

Yuk, beri dukungan dan dapat hadiah!

Tak hanya Hafiz dan para atlet terbaik Indonesia lainnya, kamu juga dapat membantu menyukseskan perhelatan PON XX Papua dengan memberikan dukunganmu untuk kontingen dan atlet favorit dengan meninggalkan pesan dan ucapan selamat berjuang di sini.

Ucapan dukungan yang kamu tulis akan dikemas jadi poster yang unik. Nah, selanjutnya, jangan lupa untuk mengunggah poster yang berisi pesan dukunganmu lengkap dengan tagar #JawaraLokalGoNasional di akun Instagram kamu.

Mention @tribunnews dan 3 orang temanmu. Khusus bagi kamu yang beruntung dan ikut memberikan semangat untuk para atlet berkesempatan mendapatkan hadiah keren dan menarik. Yuk, beri ucapan semangat untuk atlet jagoanmu dan dapatkan hadiah!

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas