Tribun

CEO Lippo Karawaci John Riady: Pasar Properti Indonesia Sedang Rebound

John Riady menyatakan saat ini sektor properti Indonesia sedang mulai rebound.

Penulis: Choirul Arifin
CEO Lippo Karawaci John Riady: Pasar Properti Indonesia Sedang Rebound
Tribunnews/Choirul Arifin
CEO PT Lippo Karawaci Tbk John Riady 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Chief Executive Officer (CEO) PT Lippo Karawaci Tbk John Riady menyatakan saat ini sektor properti Indonesia sedang mulai rebound. Terbukti, hunian tapak Cendana Parc North yang dipasarkan bulan lalu, terjual habis dalam 4 jam sejak resmi diluncurkan.

Cendana Parc North merupakan hunian tapak yang dipasarkan dengan harga sekitar Rp 700 jutaan sampai Rp 2 miliar di kawasan Lippo Karawaci, Tangerang. 

"Bulan lalu kita launching Cendana Parc North, dalam 4 jam bisa terjual habis dengan 90 persen pembelia adalah end user," ujarnya dalam acara ngobrol bersama dengan sejumlah pimpinan media massa di Lippo Karawaci, Jumat (15/10/2021). 

John menjelaskan, profil para pembeli hunian tersebut adalah pembeli usia muda, kalangan milenial dan keluarga muda untuk langsung dihuni alias pembelian untuk rumah pertama.

Sebanyak 90 persen dari pembelian tersebut menggunakan skema KPR.

Baca juga: CEO LPKR Sebut Dua Subsektor Properti Paling Tumbuh Saat Pandemi

Dia mengatakan, sambutan pasar yang antusias tersebut mencerminkan pasar properti Tanah Air mulai kembali bangkit di masa pandemi ini.

"Kenyataannya, 18 bulan setelah pandemi terjadi Maret 2020 lalu, penjualan properti sedang kembali tinggi, seperti kami, juga BSD membukukan penjualan," ujar John.

Baca juga: Semester I 2021, Pendapatan LPKR Naik 36 Persen dan EBITDA Tumbuh 102 Persen

John menilai respon bagus pasar tersebut juga didorong oleh pendapatan perkapita masyarakat yang saat ini di kisaran 3000 sampai 3.500 dolar AS. 

"Kita sedang memasuki fase 3300-3500 pendapatan per kapita, orang mulai memikirkan bagaimana bisa beli rumah dan perilaku konsumtif," ujarnya.

"Ini mencerminkan masyarakat kita lagi rising income," ujarnya.

Baca juga: Paramount Pasarkan Kluster Baru Rumah Tapak di Curug, Mulai Rp 750 Jutaan

Untuk mengembangkan Cendana Parc North, John Riady menyatakan pihaknya bekerja sama dengan arsitek kenamaan Alex Bayu.

Pihaknya mempercayakan kepada Alex Bayu untuk mendesain sebuah rumah yang lebih kecil dengan harga terjangkau, dengan menekankan pada aspek utilisasi dan fungsionalitas ruangan dengan desain tropical.

"Untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kita di era post Covid-19," ujarnya.

Hunian di Cendana Parc North dibangun di atas tanah seluas 60 sampai dengan 100 m2 dengan bangunan dua lantai.

"Ini tren yang sangat menarik di sektor properti. Sudah terlalu lama tidur sektor properti kita. Kita terakhir mengalami boom properti 2008 tapi pembelinya saat itu kebanyakan spekulan," ungkapnya membandingkan.

Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas