Tribun

Konsep Walkability Jadi Tren Baru Hunian Terpadu di Perkotaan

Konsep walkability umumnya dimaknai secara sederhana sebagai kemudahan dan gampang dijangkau dengan berjalan kaki.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Konsep Walkability Jadi Tren Baru Hunian Terpadu di Perkotaan
IST
Konsep walkability umumnya dimaknai secara sederhana sebagai kemudahan dan gampang dijangkau dengan berjalan kaki dan kini jadi tren hunian terpadu di perkotaan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Konsep walkability kini menjadi salah satu elemen penting dalam pengembangan desain properti di kota-kota besar.

Konsep walkability umumnya tersedia di kawasan terpadu dan dimaknai secara sederhana sebagai kemudahan dan gampang dijangkau dengan berjalan kaki.

Dalam pengembangan hunian, walkability menjadi faktor penting dan menambah nilai properti tersebut.

Tinggal di sebuah kawasan terpadu mendorong perubahan gaya hidup menjadi semakin aktif.

"Penghuni dapat menikmati manfaat tambahan seperti akses mudah untuk mencapai beragam fasilitas umum yang digunakan sehari-hari," kata Dea Twedapraiza, Head of Marketing SQ Rés dalam keterangannya, Kamis (7/4/2022).

Baca juga: Mengenal Konsep Aparthouse, Hunian Tapak Rasa Apartemen

Dikatakannya, meningkatnya konektivitas pada kota-kota seperti Jakarta seperti kemudahan untuk mencapai fasilitas publik, seperti sekolah, pusat perbelanjaan, atau perkantoran di CBD memiliki dampak positif terhadap kualitas hidup masyarakat perkotaan.

Baca juga: Krakatau Steel Kembangkan Produk Hunian Konstruksi Baja Siap Pasang

"Faktor kemudahan tersebut juga turut mendongkrak nilai properti-properti yang mendukung gaya hidup aktif dan terkoneksi," kata Dea.

Selain menawarkan konektivitas dan kemudahan melalui penyediaan elevated walkways, penerapan konsep walkability di dalam kawasan hunian juga dikemas secara apik dan dilengkapi beragam taman hijau dan fasilitas outdoor.

Baca juga: Adhi Commuter Properti Garap Cluster Rumah Tapak Kedua di Sentul

Penerapan konsep ini bertujuan untuk mendukung terciptanya kesehatan fisik dan mental bagi para penghuni dengan terhubung secara dekat dengan alam sekitarnya.

"Penghuni juga memperoleh fleksibilitas dan waktu lebih banyak untuk menikmati aktivitas-aktivitas favoritnya di dalam kawasan hunian maupun area perkotaan," katanya.

Memahami manfaat dan pentingnya walkability, pengembang properti PT Intiland Development Tbk menuangkan konsep tersebut secara apik dalam mendesain serta membangun walkable connectivity di pengembangan apartemen SQ Rés.

“Adanya elevated walkways di bukan cuma membantu para penghuni terhubung dengan area gedung dan fasilitas lainnya dengan berjalan kaki, tetapi berfungsi sekaligus sebagai jogging track,” kata Dea.

Elevated walkways menghubungkan bangunan apartemen dengan area lain di kawasan South Quarter, seperti area pusat retail dan entertainment, SQ Dome, dan tiga tower perkantoranSQ Office. 

SQ Rés merupakan apartemen dua tower yang memberikan beragam tipe unit untuk mengakomodasi beragam kebutuhan masyarakat kota yang dibanderol mulai Rp 1,2 miliar.
 

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas