Tribun

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia, Eropa Mendominasi

Kota Wina menduduki puncak daftar teratas tahun ini di peringkat kota paling layak huni di dunia versi The Economist Intelligence Unit (EIU).

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia, Eropa Mendominasi
thedailymeal.com
Sudut kota Wina, ibukota Austria. Wina menduduki puncak daftar teratas tahun ini di peringkat kota paling layak huni di dunia versi The Economist Intelligence Unit (EIU). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - The Economist Intelligence Unit (EIU) baru saja merilis daftar 10 kota paling layak huni di dunia. Dari 10 kota tersebut, kota-kota di Eropa paling mendominasi.

Laporan EIU tersebut dituangkan dalam Global Liveability Index, sebuah daftar peringkat kota-kota yang paling layak huni yang dikeluarkan secara tahunan.

"Konsep kelayakan hidup itu sederhana. Ini menilai lokasi mana di seluruh dunia yang menawarkan kondisi kehidupan terbaik atau terburuk," tulis organisasi tersebut dalam laporannya tahun 2022 seperti dikutip dari Fortune, Jumat (24/6/2022).

Di posisi paling atasdaftar biasanya didominasi oleh kota-kota di Amerika Utara dan Eropa Barat, serta Australia, Selandia Baru, dan Jepang. Hal yang sama berlaku tahun ini, meskipun dengan beberapa perubahan penting.

Selandia Baru menempati urutan teratas pada tahun lalu karena perbatasannya yang tertutup memungkinkan penduduk untuk menjalani kehidupan yang relatif normal.

Baca juga: 12 Fakta Vienna, Ibu Kota Austria yang Dapat Julukan Kota Musik

Sejak pembatasan era pandemi telah dicabut secara global Selandia Baru kehilangan keunggulannya. Tahun ini, Wina kembali menempati posisi teratas setelah atraksi budaya dan hiburan dibuka. Sebagai gambaran, Wina memang pernah menempati posisi teratas pada 2018 dan 2019 lalu.

EIU mengukur kelayakan huni menggunakan beberapa faktor, termasuk stabilitas politik, budaya dan lingkungan, pendidikan dan infrastruktur, yang memungkinkannya untuk menilai setiap kota pada skala 1 hingga 100.

Baca juga: Liburan ke Amsterdam Pakai KTA Online, Mudah dan Menyenangkan

Menurut EIU, skor 1 adalah "tidak dapat ditoleransi", sedangkan skor 100 adalah "ideal."

Peringkat keseluruhan telah meningkat tahun ini, tetapi skor indeks secara keseluruhan tetap di bawah tingkat pra-pandemi.

Gejolak geopolitik juga mempengaruhi daftar tahun ini, menyebabkan kota-kota Rusia dan Eropa Timur tergelincir, dengan ibu kota Ukraina dan kota terpadat, Kyiv, dihapus dari daftar seluruhnya.

Halaman
1234
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas