Tribun

Tidak Sulit, Ini Empat Tips Beli Properti bagi Milenial

Tantangan generasi milenial saat ini dalam memenuhi kebutuhan akan hunian, adalah perencanaan dan pengelolaan keuangan untuk membeli properti.

Penulis: Yanuar Nurcholis Majid
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Tidak Sulit, Ini Empat Tips Beli Properti bagi Milenial
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pengunjung melihat rumah contoh di sela-sela acara seremonial Groundbreaking Premium Club House Kota Podomoro Tenjo di Bogor 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Tantangan generasi milenial saat ini dalam memenuhi kebutuhan akan hunian, adalah perencanaan dan pengelolaan keuangan untuk membeli properti.

Selain itu, banyak milenial juga kesulitan dalam memilih properti yang cocok dan pas di kantong, sehingga membutuhkan beberapa tips agar tidak mengalami kesulitan.

"Tips pertama, menyesuaikan dan mempersiapkan bujet. Anda harus mengetahui perkiraan bujet yang diperlukan untuk membeli rumah," ujar General Manager Marketing Kota Podomoro Tenjo Yoga Gunawan dalam podcast "Gercep Milenial Punya Rumah", ditulis Kamis (15/9/2022).

Dengan begitu, menurutnya Anda akan memiliki target untuk menyisihkan pendapatan sebagai tabungan khusus untuk membeli rumah.

Baca juga: Kenaikan Harga BBM Diprediksi Tak Terlalu Berpengaruh ke Daya Beli Masyarakat Terhadap Properti

Hal ini dinilainya akan membantu Anda untuk berkomitmen dalam menabung, bahkan mendorong Anda untuk mencari peluang demi menambah pemasukan di luar dari pendapatan utama.

Tips kedua, yaitu menentukan kebutuhan dan value, di mana hunian yang dipilih harus memberikan proyeksi kehidupan hingga dapat dirasakan dan dinikmati selama 10 hingga 20 tahun ke depan.

"Karena itu, pilihlah hunian yang menunjang aksesibilitas dan fasilitas lengkap. Ingat, properti tidak hanya sebagai hunian, tapi juga bagian dari investasi jangka panjang yang harus diperhatikan," kata Yoga.

Kemudian tips ketiga, yakni mempunyai tujuan dan tekad kuat, karena satu di antara tantangan yang dialami milenial adalah tidak dapat membeli rumah akibat terjebak dalam lingkaran 'sandwich generation'.

Sandwich generation adalah sebutan bagi individu yang harus menanggung kebutuhan ekonomi keluarga dalam waktu bersamaan.

Yoga menjelaskan, untuk menghadapi tantangan ini memang dibutuhkan semangat dan tekad yang kuat untuk membeli rumah.

Baca juga: Warga Korea Stres Bertengkar dengan Istri, Coba Lompat dari Lantai 8 Apartemen dan Serang Petugas

"Justru dengan berani membeli rumah di saat sekarang adalah kunci untuk menghentikan 'sandwich generation' karena aset properti termasuk investasi jangka panjang yang dapat dinikmati bersama keluarga," katanya.

Dia menambahkan, tips keempat adalah pilih produk terbaik dari pengembang properti tepercaya sebelum membeli rumah.

"Pastikan untuk memilih pengembang tepercaya dengan produk properti yang berkualitas. Adapun, kriteria produk properti yang baik adalah yang memenuhi standar yakni mudah dan terjangkau aksesibilitasnya, didukung oleh teknologi, menunjang kesehatan, dan yang paling penting sesuai dengan bujet," pungkas Yoga.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas