Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bos Ciputra Group: Pasar Hunian Premium Mulai Bergairah

Saat ini pangsa pasar hunian di segmen premium kembali bergairah setelah stagnan selama tiga tahun terakhir.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Bos Ciputra Group: Pasar Hunian Premium Mulai Bergairah
HandOut/Istimewa
Ilustrasi CitraLake Suites. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat ini pangsa pasar hunian di segmen premium kembali bergairah setelah stagnan selama tiga tahun terakhir.

Saat ini investor sudah mulai melirik segmen pasar properti kelas atas sebagai salah satu alternatif investasinya.




Managing Director Ciputra Group Budiarsa Sastrawinata mengatakan, saat ini pasar properti sudah kembali aktif.

Baca juga: BSD City Kembangkan Hunian Baru, Harga Mulai Rp 12 Miliar

"Jika selama pandemi, pasar perumahan yang masih bergerak yaitu kalangan end-user namun, setelah pandemi usai maka kini investor sudah mulai melirik properti sebagai salah satu instrumen investasi yang positif," tutur Budiarsa saat peluncuran CitraLake Villa, di Citra 6, CitraGarden City, Jakarta Barat, Sabtu, 27 Mei 2023.

Budiarsa menjelaskan, saat pandemi Covid-19 bisnis properti merupakan salah satu sektor yang tetap ada peminatnya.

Terbukti bahwa pertumbuhan industri properti tidak pernah minus meskipun porsi kredit pemilikan rumah (KPR) perbankan sempat mengalami kontraksi.

BERITA TERKAIT

"Kami tetap optimistis bahwa prospek properti tahun ini masih terus berlanjut seiring pertumbuhan ekonomi nasional," jelas Budiarsa.

Keyakinannya itu bukan tanpa alasan. Hal ini tentunya karena adanya dukungan kebijakan dari pemerintah.

"Salah satunya adalah dengan insentif PPN DTP saat pandemi, dan tingkat bunga KPR yang masih kompetitif mulai dari 2,66 persen.

Selain itu, adanya kelonggaran rasio loan to value (LTV) KPR dari Bank Indonesia hingga 31 Desember 2023 untuk mendorong perbaikan kinerja KPR," ucapnya.

Baca juga: Batu Bata dari Debu Bulan: Material Masa Depan Hunian di Bulan

Senior Director Ciputra Group, Agussurja Widjaja menambahkan, sejak pandemi segmen pasar hunian terbesar adalah di kisaran harga jual Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar.

"Selama pandemi memang hati tidak tenteram sehingga orang menunda transaksi. Sekarang, pada saat ekonomi sudah mulai pulih, opsinya adalah mau beli rumah lebih besar atau lebih baik," tuturnya.

Dia menjelaskan, sektor properti sudah menjadi segmen investasi yang menggiurkan. Hal ini terbukti dengan pertumbuhan permintaan khususnya di segmen pasar premium.

"Kalau dulu segmen middle low, sekarang waktunya pasar middle up. Untuk itu kami yakin menghadirkan CitraLake Villa seharga kisaran Rp 12 miliar per unit yang jumlahnya terbatas hanya 28 hunian," tuturnya.

Sesuai dengan namanya, unit hunian tiga lantai ini berdiri di area danau serta rimbunnya pepohonan di sekelilingnya. Ini tentunya mampu menciptakan harmoni antara manusia dengan alam.

"Kami sangat beruntung karena bisa mengembangkan properti yang berdampingan dengan danau. Keberadaan danau ini punya daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Tidak hanya itu, pemandangan danau merupakan 'jualan' kami pada unit ini," papar Direktur Ciputra Group, MI Meiko Handoyo Lukmantara.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas