Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Aplikasi Waterproofing yang Tepat Cegah Rembes di Area Kamar Mandi

Namun tidak semua pemilik rumah memperhatikan proses waterproofing pada kamar mandi, akibatnya ketika rumah mulai dihuni terjadi bocor dan rembes.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Aplikasi Waterproofing yang Tepat Cegah Rembes di Area Kamar Mandi
YouTube
Contoh aplikasi waterproofing di area kamar mandi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelapis kedap air atau waterproofing biasanya banyak dibutuhkan untuk aplikasi di area tertentu, misalnya di area kamar mandi di lantai dua.

Namun tidak semua pemilik rumah memperhatikan proses waterproofing pada kamar mandi, akibatnya ketika rumah mulai dihuni terjadi bocor dan rembes yang mengganggu dan memicu noda pada plafon rumah.

Bila terus dibiarkan, rembesan dapat menyebabkan plafon runtuh yang membahayakan penghuni rumah.

Marketing Manager PT Adhi Cakra Utama Mulia Chandra Kurniawan mengatakan cat pelapis anti bocor yang cocok untuk kamar mandi adalah waterproofing dua komponen yang memiliki sifat kedap air yang baik, daya lekat tinggi, kuat dan tahan terhadap genangan air.

“Pengadukan kedua komponen ini terbilang mudah dan tidak terasa berat bila dilakukan pengadukan manual, aplikasinya juga sama seperti cat anti bocor pada umumnya. Cukup gunakan kuas ataupun rol, dan aplikasikan merata pada permukaan lantai kamar mandi yang telah dibersihkan sebelumnya,” kata Chandra dalam keterangan tertulis, Kamis (5/10/2023).

Agar hasilnya optimal, pelapisan dilakukan dua lapis tanpa menambahkan komponen lain seperti air, dan lapisan kedua Aquagard dilakukan setelah lapisan pertama kering.

Baca juga: Permintaan Rumah Tapak Mulai Naik, Pengembang Mulai Pasarkan Klaster Baru

BERITA REKOMENDASI

“Untuk area sudutan juga dapat diperkuat dengan Aquaproof Polyester Mesh saat lapisan pertama Aquagard masih basah. Kemasan Aquagard juga tersedia dalam ukuran 4 kg set, ukuran ini sangat pas untuk lantai kamar mandi seluas 3-4 m2 sudah termasuk dua kali pelapisan,” ungkapnya.

Menurutnya, Aquagard banyak digunakan tukang bangunan untuk mengatasi bocor dan rembes di area basah dan tergenang air.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas