Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Indonesian Heritage, Kolaborasi 9 Desainer dan Arsitek di Karya Arsitektur Dekoratif

Indonesian Heritage digagas oleh 9 desainer dan arsitek Indonesia dan dihadirkan dalam wujud karya arsitektur dekoratif.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Indonesian Heritage, Kolaborasi 9 Desainer dan Arsitek di Karya Arsitektur Dekoratif
Tribunnews/Eko Sutriyanto
Koleksi eksklusif Indonesian Heritage dalam wujud arsitektur dekoratif lewat serangkaian koleksi pelapis dinding 3 dimensi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat beragam dan perlu dilestarikan. Mosaicart menghadirkan koleksi eksklusif Indonesian Heritage dalam wujud karya arsitektur dekoratif.

Indonesian Heritage digagas oleh 9 desainer dan arsitek Indonesia, yaitu Yori Antar, Alex Bayusaputro, Mira Hadiprana, Hamphrey Tedja dan Santi Alaysius, Don Pieto dan Henny Suwardi, Lea Aziz, serta Reza Wahyudi.

Founder Mosaicart, Veronica Ruby mengatakan, koleksi ini mengangkat tema Menghormati masa lalu, merayakan masa kini, dan menginspirasi masa depan.

"Tujuannya membangun koneksi pada akar budaya Indonesia dan membangkitkan kebanggaan menggunakan produk yang berbasis pada budaya Indonesia ke dalam interior dan arsitektural modern," katanya saat talkshow Indonesia Heritage Exclusive Collection di ICE BSD, Kamis (8/9/2024), Kamis (8/8/2024).

Melalui kolaborasi ini, pihaknya ingin menciptakan suatu karya yang sarat makna sehingga dapat memberi nilai pada suatu bangunan dan desain ruang.

Koleksi Indonesian Heritage selain berfungsi sebagai dekoratif juga jadi karya seni yang menceritakan kisah dan kebijaksanaan leluhur Indonesia yang diharapkan dapat bertahan hingga puluhan bahkan ratusan tahun

BERITA TERKAIT

"Jalinan budaya Indonesia kaya dengan benang sejarah, melintasi berabad-abad dan membawa cerita tentang kebijaksanaan, keunikan, dan keindahan,” ujarnya.

Baca juga: Project 6, Desain Interior untuk Hunian Mewah Dipamerkan di IndoBuildTech 2024

Dikatakannya, harta budaya Indonesia bukan hanya sekadar artefak, tetapi warisan hidup, harta yang harus dihargai, dilestarikan, dan diwariskan.

Yori Antar dari firma arsitek Han Awal mengatakan, Indonesia kaya akan budaya yang sudah berusia ratusan tahun yang merupakan harta yang sangat berharga.

Baca juga: Peran Cat Dinding pada Perkembangan Tren Desain Interior dan Arsitektur

“Kita perlu memahami pentingnya membawa budaya masa lalu ke masa kini, agar dapat terus dilestarikan dan diwariskan di masa depan, maka sudah sepantasnya kita sebagai pemilik budaya harus bangga memberikan apresiasi yang lebih besar dari pada yang diberikan oleh bangsa asing kepada budaya kita,” ujarnya.

Yori mengangkat tema budaya Palembang dalam desain mereka yakni Kerajaan Sriwijaya yang mewariskan desain kain songket dan perhiasan dari emas.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas