Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Percepat Transisi Ekonomi Hijau, Pembangunan Perumahan Didorong Manfaatkan Bahan Ramah Lingkungan

 Industri properti khususnya dalam pembangunan perumahan, didorong untuk menggunakan bahan bangunan yang ramah lingkungan.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Percepat Transisi Ekonomi Hijau, Pembangunan Perumahan Didorong Manfaatkan Bahan Ramah Lingkungan
HO
Rumah yang dibangun dengan precise interlock brick di Sulthan Residence, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Industri properti khususnya dalam pembangunan perumahan, didorong untuk menggunakan bahan bangunan yang ramah lingkungan.

Dalam penggunaan bahan bangunan ramah lingkungan, PT Semen Indonesia (SIG) sinergi dengan BTN membangun rumah yang terjangkau dan rendah emisi.

Direktur Utama SIG, Donny Arsal mengatakan, sektor perbankan memiliki peranan penting dalam pembangunan rumah ramah lingkungan melalui fasilitas permodalan bagi para pengembang properti, serta fasilitas pembiayaan (Kredit Pemilikan Rumah atau KPR) yang memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk memiliki rumah.

Baca juga: Laba Emiten Properti Ini Naik 226 Persen, Penghapusan Pajak Diyakini Dongkrak Penjualan Apartemen

"SIG dan BTN memiliki kesamaan visi untuk mendorong pembangunan rumah ramah lingkungan. Kolaborasi antar-BUMN ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi kedua perusahaan, serta manfaat yang luas bagi industri properti dan masyarakat,” kata Donny dikutip Jumat (18/10/2024).

Menurutnya, perseroan mendorong penggunaan semen hijau yang rendah emisi dan produk turunnya yang ramah lingkungan.

Ia menyebut, precise interlock brick misalnya, produk turunan semen hijau yang merupakan hasil applied research dengan mekanisme kerja bata yang saling mengunci antar balok seperti sistem lego.

Lebih lanjut Donny mengatakan, precise interlock brick juga telah dinyatakan ramah gempa untuk wilayah dengan tingkat seismisitas tinggi (KDS D) berdasarkan Uji Siklik dinding 2D di Balai Besar Sarana dan Bangunan Gedung Dirjen Bina Teknik Permukiman dan Perumahan.

BERITA REKOMENDASI

Donny Arsal menambahkan, precise interlock brick menjadi solusi bagi pengembang properti dalam pembangunan rumah yang cepat dan terjangkau, serta ramah lingkungan, untuk meningkatkan keunggulan dan daya saing.

“SIG siap berkolaborasi dengan pihak perbankan dan para pemangku kepentingan lainnya dalam pembangunan perumahan yang ramah lingkungan sebagai bagian dari upaya akselerasi transisi menuju ekonomi hijau di Indonesia,” ujar Donny.

 

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas