Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Jika Berhalangan Berpuasa Karena Haid, Apa Amalan yang Harus Dibaca?

Kaum hawa memang jarang ada yang bisa menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh karena mengalami siklus menstruasi.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Jika Berhalangan Berpuasa Karena Haid, Apa Amalan yang Harus Dibaca?
TRIBUN SUMSEL /Abriansyah Liberto
Ribuan umat Muslim menghadiri acara dzikir akbar dan pengobatan gratis bersama Ustaz HM Haryono yang diselenggarakan di Griya Agung Palembang, Jumat (26/4/2013). Zikir akbar ini diselenggarakan dalam rangka Road Show Sumsel Gemilang Dzikir Akbar dan pengobatan Gratis Ustaz Haryono bersama Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di delapan kota dan kabupaten di Sumsel. (TRIBUN SUMSEL/Abriansyah Liberto) 

TRIBUNNEWS.COM - Kaum hawa memang jarang ada yang bisa menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh karena dalam waktu satu bulan perempuan mengalami siklus menstruasi. Nah, saat berhalangan seperti itu, bisakah mendapatkan pahala?

Amalan apa saja yang dapat dilakukan perempuan yang tidak berpuasa karena haid? Pertanyaan ini dikirimkan pembaca interaktif Ramadan Banjarmasin Post.

Ustaz Syaukani Arsyad dari Qur'anic Intelegence Center (QIC) Banjarmasin mengatakan perempuan yang berhalangan berpuasa karena haid disarankan memperbanyak zikir dan salawat. Adapun amalan secara tindakan/prilaku adalah dengan memberikan makan dan minum bagi orang yang shaum.

Hadits Rasulullah "Barangsiapa yang memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun." (HR At Tirmidzi ). Adapun untuk membaca kitab kanzul arays atau nurun nubuwwah di perbolehkan.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas