Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Mencari Ketenangan Ibadah di Saat Tua

RUSITA (54), rela meninggalkan keluarga untuk bermalam atau beriktikaf di Masjid Raya Sabilal Muhtadin selama Ramadan.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Mencari Ketenangan Ibadah di Saat Tua
BANJARMASIN POST GROUP/RENI KURNIAWATI
Iktikaf di Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin 

Laporan Wartawan Banjarmasin Post, Reni Kurniawati

TRIBUNNEWS.COM, BANJARMASIN - RUSITA (54), warga Handil Bakti Baritokuala Kalimantan Selatan rela meninggalkan keluarga untuk bermalam atau beriktikaf di Masjid Raya Sabilal Muhtadin selama Ramadan.

Ibu tiga orang anak ini sengaja beriktikaf di masjid bersama warga lainnya yang berasal dari berbagai daerah.

"Saya sudah lama mengikuti iktikaf seperti ini. Kebetulan anak-anak saya sudah besar, jadi ingin memanfaatkan waktu untuk beramal lebih banyak dan konsentrasi," bebernya kepada BPost saat ditemui Jumat (12/7/2013).

Rusita mengaku, tak hanya selama Ramadan, setiap Jumat juga melakukan iktikaf ke masjid-masjid. Karena menurutnya beribadah di rumah banyak gangguan yang susah untuk dihindari.

"Di sini nyaman beribadah, tidak ada gangguan karena keamanannya dijamin. Kemudian juga diizinkan pengelola masjid. Sahur dan berbuka juga dijamin," ucapnya.

Selain mengikuti semua rangkaian kegiatan dari masjid seperti salat berjemaah dan tausiah, mereka juga beriktikaf sambil berzikir.

BERITA TERKAIT

"Usia sudah tua ini dibawa banyak beribadah saja, kegiatan kami ya mengaji, berzikir,  salat berjamaah dan kegiatan keagamaan lainnya," bebernya.

Sama halnya dengan Perak (85), warga asal Pasir Mas. Dua juga mempunyai tujuan yang sama dengan Rusita, yakni memanfaatkan waktu tuanya untuk lebih banyak beribadah.

"Mudahan dengan beramal seperti ini dapat keselamatan dunia akhirat, mati husnul khatimah serta dapat ampunan dosa," ucapnya lirih.

Bagaimana dengan keluarga di rumah? Perak mengaku saat ini dirinya hanya tinggal sendirian di rumah, agar tidak membosankan ia memutuskan ikut bermalam bersama jemaah lain.

"Kalau disini tenang beribadahnya. Tak terganggu," katanya.

Selain warga Banjarmasin, iktikaf seperti ini juga diikuti oleh jamaah dari luar daerah, seperti dari Samarinda, Rantau, Kapuas, dan daerah lainnya. "Hanya saja saat ini masih belum banyak yang datang. Biasanya mencapai 50-an orang," ungkapnya. (ee)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas