Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Disiplin Berlalu Lintas Kunci Tekan Angka Kecelakaan Saat Mudik

Berdasarkan data Polri tahun 2012, terjadi sekitar 4700 kecelakaan saat musim mudik dengan korban jiwa 920 orang.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Disiplin Berlalu Lintas Kunci Tekan Angka Kecelakaan Saat Mudik
/henry lopulalan
MUDIK GRATIS - Pengendara motor antri untuk dapat mudik gratis yang di selenggarakan oleh Jasa Raharja di kantor pusatnya Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa(16/7). Mudik gratis untuk sekitar 12 ribu orang yang di hantarkan ke 29 kota dengan bus agar pemudik tidak mengunakan motor. (Warta Kota/henry lopulalan) 

Tribunnews.com, JAKARTA--  Berdasarkan data Polri tahun 2012, terjadi sekitar 4700 kecelakaan saat musim mudik dengan korban jiwa 920 orang. Dan tahun ini diharapkan dapat ditekan seminimal mungkin kecelakaan terjadi saat arus mudik.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Suroyo Alimoeso mengatakan kunci menekan angka kecelakaan lalu lintas saat mudik adalah disiplin pengendara sebagai pengguna jalan. Karena sebagai salah satu penyebab maraknya kecelakaan saat arus mudik jelang lebaran tak lain kurangnya disiplin para pengendara.

Tegas dia, kecelakaan tidak akan terjadi kalau para pemudik yang memakai kendaraan disiplin dan taat dengan peraturan berlalu lintas. Selain itu juga tidak memaksakan diri saat mengendarai kendaraan bermotor.

"Kecelakaan itu tidak akan terjadi kalau tidak melakukan pelanggaran," tegas Suroyo, saat Polemik Sindo Radio bertema 'Peliknya Manajemen Mudik, di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (20/7/2013).

"Disiplin kita di jalan masih kurang. Jadi mudik akan aman jika patuh dengan aturan," kata Suroyo.

Lebih lanjut kata dia, tahun ini pihkanya melakukan terobosan manajemen mudik yang dilakukan dengan pendekatan transport dan traffic.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas