Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Pemudik Keluhkan Harga Tiket Bus Berlipat Ganda

Menurutnya tarif bus Patas Non AC Rosalia Indah dihari biasa adalah sekitar Rp 150.000.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Pemudik Keluhkan Harga Tiket Bus Berlipat Ganda
Warta Kota/Nur Ichsan
Calon penumpang mulai memadati Terminal Bus Antar Kota Kalideres, Jakarta Barat, Minggu (20/7). Mereka memilih pulang lebih awal, agar terhindar dari kemacetan dan kepadatan penumpang. Warta Kota/Nur Ichsan 

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK -  Kevin (21) mahasiswa Universitas Indonesia (UI) jurusan Pajak, yang hendak mudik ke kampung halamannya di Semarang, Rabu (23/7/2014) siang, mengaku sedikit terkejut saat ia dimintai uang tambahan untuk pembayaran tiket bus Rosalia Indah kelas Non AC/Non Ekonomi, yang sudah lunas dibayarnya sepekan lalu.

Padahal, kata Kevin, saat ia memesan tket bus itu sepekan lalu, ia sudah sekaligus membayarnya sebesar Rp 215.000 untuk keberangkatan, Rabu (23/7/2014).

"Waktu saya pesan seminggu lalu, sudah sekaligus bayar tiket busnya seharga Rp 215.000, itu sebenarnya sudah harga yang naik cukup besar," kata Kevin saat ditemui Warta Kota di agen resmi PO Rosalia Indah, di Jalan Raya Bogor, Cimanggis, Depok, Rabu (23/7/2014) sore.

Menurutnya tarif bus Patas Non AC Rosalia Indah dihari biasa adalah sekitar Rp 150.000.

"Mungkin karena musim mudik harganya naik, jadi saya maklum," kata mahasiswa yang sudah bekerja di konsultan Pajak di Jalan Gatot Subroto ini.

Namun, katanya, saat tiba di tempat pemberangkatan bus di agen bus resmi di Jalan Raya Bogor Km 29, Cimanggis, Depok itu, Kevin agak terkejut karena ia kembali dimintai uang Rp 35.000.

"Katanya naik lagi dan jadi ketetapan dari pusat. Terpaksa saya bayar lagi, daripada nanti gak dapat bus," kata Kevin.

BERITA TERKAIT

Ia mengaku agak kecewa dengan hal itu. Karenanya total yang ia bayar untuk tiket bus Rosalia Indah Non AC/Non Ekonomi adalah Rp 250.000.

Kekecewaan kata Kevin, juga dikarenakan jadwal pemberangkatan bus yang tidak tepat waktu. "Jadi double kecewanya," kata dia.

Kenaikan harga tiket bus yang cukup tajam, juga dirasakan Parmin (45) saat mengantar istrinya hendak mudik ke Yogyakarta.

"Saya pesan tadi dan langsung beli. Harganya Rp 325 ribu untuk tiket bus VIP Rosalia Indah," kata warga yang tinggal di Jalan Margonda, Depok ini.

Menurut Parmin di hari biasa harga tiket bus VIP hanya sekitar Rp 200.000. Walaupun naik cukup tajam, Parmin mengaku memakluminya karena hal itu selalu terjadi di setiap musim mudik.

"Memang selalu naik tinggi harga tiketnya, kalau musim mudik. Jadi mau diapakan lagi," katanya.

Pian (30) petugas penjualan di agen resmi PO Rosalia Indah, mengatakan, kenaikan harga tiket memang selalu terjadi di setiap musim mudik. Sebab katanya permintaan selalu meningkat pada musim itu.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas