Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Sebelum Berangkat, Polisi Periksa Urine Sopir di Terminal Kalideres

Pemeriksaan urine akan dilakukan bagi ratusan sopir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Kalideres

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Sebelum Berangkat, Polisi Periksa Urine Sopir di Terminal Kalideres
Warta Kota/Nur Ichsan
TES URINE - Petugas kesehatan, sedang melakukan pemeriksaan kesehatan diantaranya pemeriksaan urine dan alkohol para sopir bus angkutan lebaran di Terminal Antar Kota Kalideres, Jakarta Barat, Senin (21/7). Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengurangi faktor resiko kecelakaan lalu lintas bagi pengemudi angkutan lebaran. Warta Kota/nur ichsan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Satuan Narkoba Polres Jakarta Barat bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP), Dinas Kesehatan, dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan pemeriksaan urine bagi sopir bus di Terminal Kalideres, Jakarta Barat.

Pemeriksaan ini akan dilakukan bagi ratusan sopir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Kalideres yang mengantarkan pemudik ke tujuannya masing-masing.

Kasat Narkoba Polres Jakarta Barat, AKBP Gembong Yudha mengatakan  tes urin dilakukan agar mudik para penumpang benar-benar aman, dan terhindar dari kecelakaan karena lalainn sopir.

"Kecelakaan lalu lintas saat mudik bukan hanya karena kondisi kendaraan yang tidak layak. Tapi juga karena kondisi fisik pengemudi yang kurang fit," tegas Gembong, Kamis (24/7/2014).

Menurut Gembong, berkurangnya kesadaran dan kewaspadaan pengemudi saat berkendara bisa terjadi karena kelelahan, pengaruh mengkonsumsi minuman keras, obat-obatan dan narkotika.

"Nanti jika terbukti positif atau kesehatannya kurang baik, maka pengelola bus diwajibkan untuk mengganti pengemudi tersebut, dengan supir yang lainnya," tambah Gembong.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas