Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

PT KAI Sediakan Gerbong Khusus Ibu Menyusui dan Difabel

Rangkaian kereta yang disiapkan khusus bagi penumpang difabel itu, 2 diantaranya ada di rangkaian KA Krakatau tujuan Merak-Madiun dan KA Majapahit

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in PT KAI Sediakan Gerbong Khusus Ibu Menyusui dan Difabel
Warta Kota/henry lopulalan
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kereta api Majapahit tujuan Malang, Jawa Timur saat arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (24/7/2014). Presiden berpesan kepada pengelola dan pimpinan pelabuhan, dermaga, bandara udara dan stasiun kereta api untuk mengutamakan faktor keamanan dan pelayanan yang terbaik bagi penumpang pada arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini. (Warta Kota/Henry Lopulalan) 

TRIBUNNEWS.COM, MADIUNPT KAI Daop VII Madiun menyiapkan satu rangkaian gerbong kereta khusus penumpang difabel (berkebutuhan khusus) dan bagi ibu menyusui selama masa angkutan lebaran 2014.

Rangkaian kereta yang disiapkan khusus bagi penumpang difabel itu, 2 diantaranya ada di rangkaian KA Krakatau tujuan Merak-Madiun dan KA Majapahit tujuan Malang-Pasar Senen.

"Kami memang sediakan gerbong khusus itu, untuk memaksimalkan pelayanan ke pelanggan," terang Kepala Daop VII Madiun, Akhmad Najib Tawangalun kepada Surya, Sabtu (26/7/2014).

Lebih jauh, Najib menguraikan untuk KA Krakatau masing-masing rangkaian kereta terdiri dari enam gerbong  untuk penumpang biasa berkapasitas 80 tempat duduk serta dua gerbong berfasilitas khusus untuk penyandang ketunaan dan lansia dengan kapasitas 64 tempat duduk.

"Untuk KA Krakatau sudah ada gerbong untuk difabel.  Di Stasiun Madiun fasilitas untuk difabel ada, sedangkan untuk ibu menyusui juga ada 2 tempat," imbuhnya.

Sedangkan untuk rangkaian kereta kelas ekonomi bagi penyandang difabel, disediakan 106 tempat duduk, untuk KA Ekonomi non Public Service Obligation (PSO) masing-masing rangkaian hanya disediakan 80-88 tempat duduk.

"Gerbong itu juga dilengkapi kemudahan bagi penyandang difabel untuk mengakses ke dalam kereta, diantaranya pelepasan anak tangga di pintu masuk kereta, diganti dengan alat yang bisa memudahkan kursi roda lewat dan akses bagi penyandang cacat," ucapnya.

BERITA TERKAIT

Sementara kapasitas tempat duduk kereta untuk difabel lebih sedikit karena ruang khusus toilet lebih luas. Disamping itu, tempat duduk bagi kaum difabel lebih luas 4 kali lipat dibanding tempat duduk pada gerbong reguler.

"Kaum difabel dan ibu-ibu menyusui kami pastikan mendapatkan pelayanan khusus sebaik-baiknnya," pungkasnya.

Tags:
Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas