Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Stasiun Gambir Sediakan Lima Kereta Khusus Difabel

H-1 Lebaran, Pemudik berjibaku untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing. Tak terkecuali penyandang difabel.

Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Stasiun Gambir Sediakan Lima Kereta Khusus Difabel
net
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Rahmat Patutie

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  H-1 Lebaran, Pemudik berjibaku untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing. Tak terkecuali penyandang difabel.

Bagi penyandang difabel yang ingin mudik lebaran tidak perlu khawatir, karena di Stasiun Gambir telah menyediakan lima kereta khusus yang difasilitasi gerbong khusus.

Nama-nama kereta yang mempunyai gerbong difabel di antanya, kerta Menoreh, Gajahwong, Sawonggalihlebaran, Krakatau, dan kereta majahpahit.

Dalam setiap rangkaian kerteta tersebut tersedia dua gerbong yang difasilitasi untuk kaum difabel. Termasuk juga sarana toilet yang lebih luas dari toilet pada umumnya tanpa menggunakan kursi roda. Di sepanjang pinggiran gerbong itu juga sudah dilengkapi tempat untuk pegangan tanpa harus dibantu orang lain untuk berjalan.

"Pintunya pakai bisa digeser, dan lebih luas. Memungkinkan bagi kaum difabel itu dan alat yang membantunya," ujar Junior Manager Humas Satu Jakarta Stasiun Gambir Eko S Mulyanto kepada Tribunnews.com, di ruangan Humas, Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (27/7/2014).

Dijelaskan, sejak mulai angkutan lebaran, pada H-10 hingga saat ini, dirinya baru menjumpai sebanyak empat orang kamu difabel. Oleh karena itu, tempat tesebut bisa juga dipakai untuk pemudik lain pada umumnya.

BERITA TERKAIT

"Tapi kalau, ada difabel penumpang yang duduk di situ harus kami tukar," kata Eko.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas