Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Berwudhu di Sumur Tua Masjid Si Pitung Al Alam Mujarab Sembuhkan Penyakit

Ketua Masjid Al Alam, H. Abu Hasan Azhari menjelaskan bahwa keistimewaan Masjid ini adalah sumur tua dengan tiga rasa.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Berwudhu di Sumur Tua Masjid Si Pitung Al Alam Mujarab Sembuhkan Penyakit
TRIBUNNEWS.COM/REYNAS ABDILA
Masjid si Pitung Al Alam di Jalan Marunda Besar RT 09/RW 01, Kampung Marunda Besar Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, dibangun 1600-an silam. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jakarta Utara menyimpan beberapa destinasi wisata religi yang hingga kini masih dilestarikan oleh Pemerintah Provinsi DKI.

Di Jalan Marunda Besar RT 09/RW 01, Kampung Marunda Besar Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, ada sebuah Masjid tua yang dibangun 1600-an silam.

Masjid ini menurut sejarah didirikan oleh Sultan Fatahillah bersama para prajuritnya sebagai rasa syukur atas penaklukan Kerajaan Pajajaran yang saat itu berkuasa di Sunda Kelapa.


Sumur tua di Masjid si Pitung Al Alam di Jalan Marunda Besar RT 09/RW 01, Kampung Marunda Besar Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, dibangun 1600-an silam ini dipercaya mujarab mengobati penyakit.

Yang menarik dari Masjid ini adalah 'Sumur Tua' tempat mengambil air wudhu dan konon memiliki tiga rasa.

Ketua Masjid Al Alam, H. Abu Hasan Azhari menjelaskan bahwa keistimewaan Masjid ini adalah sumur tua dengan tiga rasa.

"Di sebelah barat memang terdapat sumur yang diperkirakan sudah ada tahun 1600-an lalu. Banyak pengunjung penasaran dan ingin mencicipi langsung rasa air sumur tersebut," katanya.

BERITA REKOMENDASI

Pengunjung yang datang bukan hanya dari dalam kota tapi dari luar kota, mereka ingin memastikan kebenaran sumur air dengan tiga rasa asin, tawar, dan payau itu.

Konon khasiat dari air sumur yakni dapat menyembuhkan penyakit serta bisa mempermudah jodoh usai menelan air dari sumur.

"Percaya tidak percaya tapi beberapa jamaah mengakui bahwa air sumur di sini mujarab," terangnya menambahkan.

Masjid ini tentu syarat akan nilai sejarah terhadap perlawanan zaman kolonial Belanda, kala itu prajurit Islam singgah di Marunda untuk mengatur strategi.

Banyak pula tokoh-tokoh Betawi yang bersembunyi di balik Masjid saat pasukan Belanda mengejar, disebutkan sejarah bahwa siapapun yang bersembunyi di sana mereka tidak terlihat.

Tokoh Betawi tersebut di antaranya adalah Si Pitung, pendekar berjiwa besar yang sempat tinggal tidak jauh dari Masjid Al Alam.

Sementara di bagian dalam Masjid terdapat empat pilar bulat seperti kaki bidak catur untuk menopang atap bangunan.

Akan tetapi jarak plafonnya tergolong rendah, hanya sekitar dua meter dari permukaan lantai berbeda dengan Masjid-masjid tua lain di Jakarta.

Tahun 1970 mulai dilakukan pemugaran Masjid oleh Dinas Museum dan Sejarah DKI Jakarta, dengan melakukan penggantian beberapa komponen atap dan pemberian lapisan pelindung.

Untuk datang ke Masjid ini, pengunjung atau jamaah tidak dikenakan biaya terkecuali untuk keamanan parkir kendaraan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas