Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Apakah Makmum Harus Baca Al Fatihah Setelah Amin?

Mohon penjelasannya apakah setelah imam membaca Al Fatihah dan makmum mengucap aamiin, makmum harus baca Al Fatihah sebelum imam baca surat.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Apakah Makmum Harus Baca Al Fatihah Setelah Amin?
TRIBUN MEDAN/Riski Cahyadi
Ratusan santri Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah melaksanakan salat Zuhur berjamaah di Medan, Sumatera Utara, Senin (6/6/2016). Pada bulan Ramadan para santri selain tetap belajar, juga mengisi waktu dengan memperbanyak ibadah seperti tadarus dan salat berjamaah. TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

TRIBUNNEWS.COM - Assalamualaikum Wr Wb.

Mohon penjelasannya apakah setelah imam membaca Al Fatihah dan makmum mengucap aamiin, makmum harus baca Al Fatihah sebelum imam baca surat.

Terima kasih atas penjelasanya. Wassalam

Pujo H

Jawab:
Ada beberapa sumber yang dapat dirujuk dalam masalah ini, yakni:
a. Hadits riwayat Ad-Daruquthni yang artinya: “Barang siapa (shalat) mengukuti Imam, maka bacaan Imam itu (menjadi) bacaannya”.
b. Hadits riwayat Bukhari dan Muslim, yang artinya: “Tidak (sah) shalat orang yang tidak membaca al-Fatihah”
c. Hadits riwayat Abu Daud: “Jangan membaca apapun dari al-Qur’an bila saya membaca dengan jahr (nyaring) kecuali membaca al-Fatihah”
d. Hadits riwayat Ahmad: “Imam itu dijadikan sebagai panutan, bila ia bertakbir, bertakbirlah kamu, dan bila ia membaca diamlah kamu”.
e. QS Al-A’raf 204, yang artinya: “Dan apabila al-Quran dibaca dengarkanlah dan diamlah kamu, mudah-mudahan kamu diberi rahmat”.

Berdasarkan semua sumber di atas, saya sependapat dengan anda, bahwa bacalah al-Fatihah di saat Imam jeda antara bacaan amin dan ayat al-Qur’an, namun bila tidak ada kesempatan, insya Allah bacaan al-Fatihah makmum sudah diwakili, manakala Imam membaca al-Fatihah dengan jahr (keras), dan makmum mengikuti dengan khusu’ dalam hati.

Dr. Muhammad Akhyar Adnan, MBA., Ak (Dewan Pengawas LAZISMU)

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas