Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Syeikh dari Mesir Langganan Masjid Besar Malaysia Jadi Imam Salat Tarawih di Aceh

Syeikh Abdelrahman Eldesouky Taha Radwan dari Mesir akan menjadi imam shalat Isya dan Tarawih di

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Syeikh dari Mesir Langganan Masjid Besar Malaysia Jadi Imam Salat Tarawih di Aceh
SERAMBI/M ANSHAR/M ANSHAR
Suasana malam saat soft launching proyek pembangunan landscape dan infrastruktur Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Senin (13/2/2017) malam. Soft launching ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Gubernur Aceh, Zaini Abdullah seiring terbukanya enam unit payung elektrik dari total 12 payung yang dibangun.SERAMBI/M ANSHAR 

TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH - Syeikh Abdelrahman Eldesouky Taha Radwan dari Mesir akan menjadi imam shalat Isya dan Tarawih di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh selama sebulan penuh selama Ramadhan tahun ini.

Untuk kepentingan tersebut, Syeikh Abdelrahman yang sekarang menjabat Direktur Lembaga Alquran Universitas Al-Azhar di Provinsi Gharbiah, Mesir, itu sudah tiba di Banda Aceh pada Kamis (25/5/2017) pagi.

Kedatangan Syeikh dari Mesir ke Banda Aceh kali ini difasilitasi oleh Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Aceh bekerja sama dengan Pemerintah Aceh melalui Dinas Syariat Islam.

Syeikh Abdelrahman datang ke Banda Aceh setelah dijemput oleh Ketua Umum DMI Aceh, Ustaz Fakhruddin Lahmuddin SAg MPd ke Malaysia.

Ustaz Fakhruddin kepada Serambi kemarin menjelaskan, sebenarnya DMI dan Pemerintah Aceh sudah meminta Syeikh Abdelrahman untuk hadir ke Banda Aceh pada Ramadhan tahun lalu.

Tapi, menurutnya, saat itu permintaan tersebut belum bisa dipenuhi karena Syeikh Abdelrahman sudah terikat kontrak dengan Masjid Besar Negara Malaysia di Kuala Lumpur.

Bahkan, lanjut Ustaz Fakhruddin, Syeikh yang mampu menghafal 30 juz Alquran itu dalam enam tahun terakhir saat Ramadhan selalu dikontrak oleh Masjid Besar Negara Malaysia.

BERITA TERKAIT

“Untuk tahun ini, kita sudah melobi Syeikh Abdelrahman sejak Februari 2017. Alhamdulillah, usaha kita berhasil dan insya Allah Syeikh Abdelrahman akan mengimani shalat Tarawih selama sebulan penuh di Masjid Raya Baiturrahman,” ungkap Ustaz Fakhruddin didampingi Sekretaris Umum DMI Aceh, Drs Zulkifli Hs MM.

Ditambahkan, Syech Abdelrahman juga akan memimpin Qiyamul Lail (shalat malam) pada sepuluh malam terakhir Ramadhan di Masjid Raya Baiturrahman.

“Selain itu, pada setiap Subuh Syeikh Abdelrahman akan keliling menjadi imam di sejumlah masjid di Banda Aceh,” ungkap Ustaz Fachruddin.

Dijelaskannya jika kemampuan Syeikh Abdelrahman dalam membaca dan menghafal surah-surah Alquran sangat bagus dan suaranya sangat merdu.

“Kepada masyarakat yang ingin mendengarkan merdunya suara Syeikh dari Mesir yang akan mengkhatamkan Alquran dalam shalat, kami persilakan datang ke Masjid Raya Baiturrahman selama Ramadhan tahun ini. Khatam Alquran rencananya dilakukan pada malam 27 Ramadhan nanti,” ujarnya.

Terpisah, Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman, Prof Dr Azman Ismail mengakui bahwa Syeikh Abdelrahman memang akan mengimami shalat Isya dan Tarawih sejak awal hingga akhir Ramadhan di Aceh.

“Hanya imam yang kita datangkan dari luar negeri, sedangkan penceramah shalat Tarawih seluruhnya dari Aceh,” kata Prof Azman di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Rabu (24/5/2017) malam.

Tiga orang lagi
Pada sepuluh malam terakhir Ramadhan nanti, menurut Ustaz Fakhruddin, pihaknya bekerja sama dengan Pemko Banda Aceh melalui dinas syariat Islam juga akan mendatangkan lagi tiga syeikh ke Banda Aceh.

Ketiga syeikh--dua orang dari Arab Saudi dan satu orang dari Palestina--tersebut akan menjadi imam shalat Isya, Tarawih, dan Qiyamul Lail di tiga masjid di Banda Aceh.

Ketiga masjid tersebut yaitu Masjid Agung Al-Makmur Lampriek, Masjid Baitul Musyahadah Seutui, dan Masjid Jamik Kopelma Darussalam. (jal)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas