Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Ramadan dan Pembentukan Pribadi Santun

Puasa selain melibatkan aspek fisik, juga membutuhkan kemampuan spirit yang baik, tak semata rutinitas ritual.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Ramadan dan Pembentukan Pribadi Santun
Dokumentasi KH Cholil Nafis
KH Cholil Nafis berdiri di depan prasasti pembangunan Masjid Islamic Center Wina di Austria. DOKUMENTASI KH CHOLIL NAFIS 

KH. Cholil Nafis, Ph.D., Ketua Komisi Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat MUI Pusat

TRIBUNNEWS.COM - Kewajiban berpuasa di bulan Ramdan bagi seorang Muslim bukan semata-mata rutinitas ritual. Puasa selain melibatkan aspek fisik, juga membutuhkan kemampuan spirit yang baik.

Jika puasa hanya sebatas menahan lapar dan dahaga, serta tidak berhubungan badan pada siang hari, Prof. HAMKA menyebutnya dengan istilah “kalau hanya itu, kambing pun bisa.”

Ada makna yang dalam dari kewajiban puasa, yaitu kritik atas sikap dan perilaku sosial masyarakat yang cederung pada pembenaran rasa paling baik atau benar, sementara orang lain buruk atau salah.

Manusia yang dikaruniai oleh Allah empat komponen jiwa, yaitu ruh, hati, akal, dan nafsu, setiap hari saling beradu kuat untuk saling mempengaruhi.

Jika kekuatan ruhnya yang dominan, maka jiwanya akan meningkat ke derajat spiritual tertinggi. Sebaliknya jika kekuatan nafsu yang cenderung menyukai pada unsur-unsur material menguasainya, maka jiwa rendah kita yang akan mendominasi hidup, dengan munculnya ego dan perilaku dosa serta menyukai kesenangan duniawi. Sementara akal dan hati sebagai penyeimbang untuk menetralisir tarikan keduanya.

Islam memberikan banyak metode agar jiwa-jiwa manusia memiliki kekuatan menghadapi berbagai watak buruk, seperti menguatnya ego dalam bentuk sikap individualistik dan ingin menang dan benar sendiri.

Berita Rekomendasi

Puasa adalah salah satu dari sekian banyak metode pendidikan jiwa yang sangat efektif sebagai kritik sosial. Kritik atas pribadi dan perilaku sosial.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh setiap Muslim dari jalan puasa. Salah satunya sebagai media melatih kesantunan dalam berinteraksi sehari-hari.

Kondisi lapar dan haus dapat membuat dan membentuk sikap yang lembut. Baik dalam tutur kata, canda, maupun tingkah laku. Bahkan, terhadap orang yang memperlakukan kasar sekali pun.

Dalam sebuah hadis disebutkan: ”Apabila seseorang di antara kalian sedang berpuasa, lalu ada yang mencaci atau mengasarinya, hendaklah ia berkata, ‘(Maaf) saya sedang berpuasa’.” (HR Bukhari dan Muslim).

Hadis di atas mengajarkan secara jelas puasa harus menjadi perisai dari amarah, keangkuhan, rasa memiliki kekuatan untuk membalas, dan menganggap rendah kepada orang lain.

Kesantunan semacam ini akan berdampak besar bagi pribadi yang lebih memahami eksistensi dirinya di hadapan Tuhan.

”Sesungguhnya Allah SWT memberi (keutamaan) kepada kesantunan, yang tidak diberikan-Nya kepada kekasaran, dan tidak juga diberikan-Nya kepada sifat-sifat yang lain.” (HR Muslim).

Dalam konteks yang berbeda Rasulullah SAW bersabda, ”Sesungguhnya kesantunan tidak melekat pada sebuah pribadi kecuali sebagai perhiasan, dan tidak tercerabut darinya kecuali sebagai aib.” (HR Muslim).

Secara psikologis dan sosial, pribadi santun yang dibentuk melalui puasa dapat berefek langsung maupun tidak langsung pada komunitas sekitarnya. Ia memancarkan cahaya kebaikan yang bisa memberikan kekuatan moril dan spiritual bagi lingkungan.

Secara metafisik, di dunia ini ada istilah “law of attraction”, yaitu sebuah hukum yang saling mempengaruhi antara satu dengan yang lain. Jika jiwa-jiwa santun telah terbentuk dan membesar menjadi sebuah kekuatan sikap dan tradisi, maka akan membawa pada sebuah perubahan yang sangat berarti.

Sejarah perkembangan Islam awal telah membuktikan betapa banyak sahabat yang memperoleh hidayah setelah menyaksikan pribadi Rasulullah SAW yang santun. Di antaranya, Tsumamah bin Atsal RA dan Zaid bin Sa’anah RA. Kesantunan adalah pelindung hati dari kotoran dan penyakit hati. Yang perlu disadari, ketika berkata kasar dan mengumpat, sebenarnya kita tidak sedang merugikan orang lain, tapi merugikan diri sendiri dengan menodai hati, mengotorinya dengan kekasaran, serta membuatnya menjadi keras, dan lama bisa mati.

Tentu kita semua berharap, puasa yang kita lakukan kali ini benar-benar dapat membentuk sikap yang santun, ramah, toleran, sekaligus dapat mengubur sifat dendam, mudah menumpahkanamarah, dan ringan menuduh orang lain sebagai pihak yang salah dan buruk.Mari introspeksi diri kita, selalu menanamkan sikap rendah hati dengan memaksimalkan kualitas puasa kita. Wallahu a’lam

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas