Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Kiat Khusyu Dalam Salat

Bagaimana tips menjaga salat agar bisa fokus dan konsentrasi? Bagaimana bila lupa dan ragu-ragu terhadap hitungan salat?

Editor: Y Gustaman
zoom-in Kiat Khusyu Dalam Salat
ummi-online.com
Ilustrasi Salat Witir 

TRIBUNNEWS.COM - Assalamu alaikum. Bagaimana tips menjaga salat agar bisa fokus dan konsentrasi? Bagaimana bila lupa dan ragu-ragu terhadap hitungan salat? Terima kasih

Jawaban:

Wa’alaikum salam warahmatullah wabarakatuh.

Penanya dan Pembaca yang budiman, menurut beberapa pendapat bahwa khusyu’ dalam salat hukumnya wajib.

Seperti disampaikan Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata dalam menafsirkan firman Allah Ta’ala: “Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, dan sesungguhnya yang demikian itu lebih berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’.” (QS. al-Baqarah: 45)

Kemudian bila kita lihat dalam Alquran Allah SWT menjelaskan sifat-sifat calon penghuni surga Firdaus: “Sungguh beruntunglah orang yang beriman, yaitu mereka yang khusyu’ dalam salatnya.” (QS. al-Mu’minuun: 1-2).

Pada ayat ke 11 Allah memberikan isyarat bagi orang yang khusyu’ dengan mengatakan: “Mereka itulah, orang-orang yang mewarisi surga Firdaus, mereka kekal di dalamnya.” (QS. al-Mu’minuun: 11)

BERITA TERKAIT

Melalui ayat tersebut Allah SWT mengisyaratkan orang yang khusyu’ adalah calon penghuni surga. Meraih surga bagi seorang Muslim hukumnya adalah wajib, maka jalan atau wasilah untuk mencapai surga tersebut hukumnya juga wajib, dan salat yang khusyu’ hukumnya ikut menjadi wajib karena merupakan salah satu sarana untuk meraih surga.

Dalam meraih salat khusyu’ Rasulullah SAW telah memberikan kiat-kiat yang jelas, bahkan para ulama telah membuat bab-bab dalam kitab-kitab mereka, seperti Imam Ibnu Hajar al-Asqalani rahimahullah membuat Bab Anjuran Khusyu’ dalam Salat.

Syaikh Muhammad bin Sholeh al-Munajjid rahimahullah dalam kitab beliau “33 Kiat Mencapai Khusyu’ dalam Salat” menjelaskan; untuk mencapai khusyu’ dalam salat ada dua hal pokok yang perlu diperhatikan:

Memperhatikan hal-hal yang mendatangkan kekhusyukan dalam salat. Menolak hal-hal yang menghilangkan kekhusyukan dan melemahkannya.

Memperhatikan hal-hal yang mendatangkan kekhusyukan dalam salat. Untuk mencapai kekhusyukan ada beberapa hal yang dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW, diantaranya:

- Mempersiapkan diri sepenuhnya untuk salat

- Tuma’ninah (berhenti sejenak)

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas