Tribun Ramadan

Mudik Gratis Ceria

Senyum Ceria Saat Mengikuti Mudik Gratis

Bisa dikatan Hari Raya Idul Fitri merupakah hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Pasalnya, momen spesial tersebut sering digunakan oleh

BizzInsight
Senyum Ceria Saat Mengikuti Mudik Gratis
Tribunnews/Dea Duta Aulia
Peserta pemudik di Mudik Gratis Sido Muncul, Kamis (30/5). 

TRIBUNNEWS.COM - Setelah satu bulan menunaikan ibadah puasa, kini tiba saatnya untuk meraih Hari Kemenangan bagi seluruh umat muslim.

Bisa dikatan Hari Raya Idul Fitri merupakah hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Pasalnya, momen spesial tersebut sering digunakan oleh masyarakat untuk mudik agar dapat bersilahturahmi bersama sanak keluarga di kampung halaman.

Pada dasarnya dengan bersillahturami kita akan mendapatkan banyak manfaat, seperti mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, mempererat hubungan keluarga, melancarkan rezeki, dan hal positif lainnya.

Namun, yang menjadi permasalahan adalah seringkali kehabisan tiket dan mahalnya tiket moda transportasi, menyebabkan masyarakat mengurungkan niatnya untuk pulang ke kampung halaman saat Hari Raya Idul Fitri.

Untuk meringankan permasalahan tersebut, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul TBK kembali mengadakan Mudik Gratis 2019 yang dilaksanakan di Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (30/5).

Acara yang sudah berlangsung ke 30 kalinya sangat disambut positif oleh masyarakat. Pasalnya, Sido Muncul berhasil memberangkatkan 12.000 orang menggunakan 189 bus AC dengan rincian 115 bus diberangkatkan dari Jakarta.

Keberangkatan Mudik Gratis tak hanya dilakukan di Jakarta, namun ada beberapa kota yang dijadikan titik keberangkatan Mudik Gratis, seperti Tanggerang, Bogor, Sukabumi, Cikampek, dan Bandung yang bertujuan untuk mempermudah akses para peserta Mudik Gratis.

Menariknya, sepuluh tahun terakhir, para perta mudik tak hanya berasal dari pedagang jamu. Namun, berbagai kalangan seperti pedagang asongan dan pekerja rumah tangga juga turut menjadi perserta di acara tersebut.

“Kurang lebih 10 tahun kebelakang, peserta mudik tak hanya dari pedagang jamu, namun ada juga yang berasal dari pedangan asongan dan pekerja rumah tangga,” Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat di acara Mudik Gratis.

Tak sampai disitu, faktor keamanan juga menjadi perhatian khusus untuk acara tersebut.

Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat di Mudik Gratis Sido Muncul, Kamis (30/5)..
Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat di Mudik Gratis Sido Muncul, Kamis (30/5).

“Kami prioritaskan keamanan dan kenyamanan melalui kerjasama dengan perusahaan bus yang memiliki reputasi,” kata Irwan Hidayat.

Senada dengan keterangan Irwan Hidayat, pengelola bus juga mengedepankan keamanan dan kenyamanan para pemudik.

“Seminggu sebelum acara ini (Mudik Gratis) berlangsung, kami selaku pengelola sudah melakukan pengecekan secara menyeluruh baik armada ataupun pengemudi. Dari hasil pengecekan tersebut, kami menyatakan bus dan pengemudi dalam kondisi normal dan sehat serta dapat digunakan untuk Mudik Gratis,” ujar pengelola bus, Sarjono saat ditanyai mengenai persiapan armada yang digunakan untuk Mudik Gratis Sido Muncul.

Langkah tersebut ternyata banyak mendapatkan apresiasi dari peserta. Para peserta mengungkapkan bahwa dirinya senang ketika mengikuti Mudik Gratis Sido Muncul. Bahkan tak sedikit peserta yang sudah mengikuti acara tersebut hingga berkali-kali.

(Peserta Mudik Gratis) (Peserta Mudik Gratis)
Peserta Mudik Gratis Sido Muncul 2019

“Saya sudah mengikuti acara ini sebanyak 3 kali,” ujar peserta Mudik Gratis, Seri (60).

Senada dengan Seri, Parti (62) yang merupakan pedagang jamu juga memberikan apresiasi yang mendalam untuk acara tersebut. Menariknya ketika ditanya sudah sudah berapa kali mengikuti acara tersebut, Parti mengatakan sudah lebih dari dua puluh tahun mengikuti acara tersebut.

“Aku udah sering ikut acara ini, kira-kira udah dari tahun 1990an sudah mengikuti acara ini (Mudik Gratis),” ujar Parti.

Bahkan, dirinya juga mengatakan selain dapat mengatur pengeluaran keuangan saat lebaran, Mudik Gratis Sido Muncul juga dari tahun ke tahun selalu memberikan pelayanan yang terbaik.

“Selalu tambah baik dan tambah memuaskan,” tambah Parti.

Keceritaan tak hanya hadir dari Parti dan Seri, Fina (44) yang merupakan seorang pedagang jamu juga begitu cerita ketika mengikuti acara tersebut. Pasalnya pada kesempatan kali ini, keluarga Fina yang berjumlah 10 orang bisa diikut Mudik Gratis Sido Muncul.

(Peserta Mudik Gratis) (Peserta Mudik Gratis) (Peserta Mudik Gratis) (Peserta Mudik
Peserta Mudik Gratis Sido Muncul 2019

“Sangat membantu, 10 orang keluarga kami bisa ikut di acara ini (Mudik Gratis),” kata Fina.

Tak hanya itu, untuk lebih memanjakan peserta mudik, Sido Muncul membuat sebuah panggung dan booth untuk menghibur pemudik sebelum melakukan perjalanan.

Panggung dan booth juga mendapat sambutan positif dari para peserta, karena mereka disuguhkan dengan berbagai hiburan seperti musik, tari-tarian, doorprize, booth kesehatan, kemanan, merchandise, dan lainnya.

Kegembiraan juga terpancar ketika artis-artis Ibu Kota seperti Baim Wong, Iko Uwais, dan Ussy Sulistiawaty muncul di tengah-tengah peserta Mudik Gratis. Saking gembiranya, tak sedikit peserta Mudik Gratis berebut untuk foto bersama.

Menjelang pelepasan Mudik Bareng Sido Muncul, Irwan Hidayat berpesan supaya lebih mengutamakan keselamatan agar para pemudik bisa sampai ke tempat tujuannya dengan selamat.

“Utamakan keselamatan agar sampai tujuan dengan selamat. Saya mewakili Sido Muncul mengucapkan Selamat Hari Raya 1440 Hijriah,” tutup Irwan Hidayat

Penulis: Dea Duta Aulia    

Punya pertanyaan seputar zakat , infaq dan sedekah ? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Zakat yang langsung dijawab Baznas (Badan Amil Zakat Nasional)

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Ikuti kami di
Berita Populer
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas