Tribun Ramadan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ramadan 2020

Masih Pandemi Corona, Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadan 1441 H Digelar via Video Konferensi

Sidang Isbat (penetapan) awal Ramadan 1441H akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena sedang pandemi corona akan digelar via video konferensi.

Masih Pandemi Corona, Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadan 1441 H Digelar via Video Konferensi
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Petugas Kementerian Agama Provinsi Sulsel bersama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar memantau hilal penetapan jadwal puasa 2018 di Mall GTC, Jl Metro Tanjung Bunga, Makassar, Sulsel, Selasa (15/5/2018). Dari hasil pemantauan tersebut, hilal tak dapat dilihat karena hasil negatif dengan ketinggian minus 0,20 derajat lantaran bulan terlebih dahulu terbenam. Meski demikian hasil perhitungan sementara yang dilakukan BMKG Wilayah IV Makassar belum dapat memastikan awal puasa. Pasalnya masih menunggu hasil Sidang Itsbat akan digelar Kementerian Agama. TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Sidang Isbat (penetapan) awal Ramadan 1441H akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena sedang pandemi corona akan digelar via video konferensi.

Kementerian Agama RI berencana menggelar sidang Isbat pada 23 April 2020 digelar berbeda

Gelaran sidang Isbat tahun ini akan digelar Kementerian Agama RI melalui video konferensi atau sambungan komunikasi jarak jauh.

Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Kamaruddin Amin mengatakan, sidang Isbat via video konferensi menjadi bagian upaya pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19.

"Isbat awal Ramadan akan kita gelar dengan kehadiran peserta yang terbatas, selebihnya secara video konferensi," terang Kamaruddin Amin dalam keterangannya, Minggu (5/4/2020).

Baca: Bacaan Niat Puasa Senin Kamis, Lengkap dengan Arti, Keutamaan, hingga Ganjarannya

Baca: Jelang Ramadan dan Idul Fitri, Pemerintah Alihkan 303 Ribu Ton Stok Gula Industri untuk Konsumsi

Baca: Soimah, Ivan Gunawan Hingga Agni Pratistha Membuat dan Berbagi Masker Kain untuk Cegah Corona

Tim PCNU Kota Surabaya melakukan rukyatul hilal untuk menentukan awal puasa Ramadhan 2019 di Masjid Al Mabrur Jalan Nambangan, Bulak, Tanah Kali Kedinding, Kenjeran, Minggu (5/5/2019). Berdasarkan hasil pantauan PBNU, Muhammadiyah, dan pemerintah lewat Kemetrian Agama satu suara dalam menetapkan 1 Ramadhan pada 6 Mei 2019. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Tim PCNU Kota Surabaya melakukan rukyatul hilal untuk menentukan awal puasa Ramadhan 2019 di Masjid Al Mabrur Jalan Nambangan, Bulak, Tanah Kali Kedinding, Kenjeran, Minggu (5/5/2019). Berdasarkan hasil pantauan PBNU, Muhammadiyah, dan pemerintah lewat Kemetrian Agama satu suara dalam menetapkan 1 Ramadhan pada 6 Mei 2019. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ (SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)

Nantinya peserta yang hadir dibatasi, hanya perwakilan MUI, DPR, dan Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama Cecep Nurwendaya.

Kemudian pejabat eselon I dan II dari Ditjen Bimas Islam saja.

Sementara yang lain dapat mengikuti melalui saluran komunikasi dalam jaringan (daring) yang akan disiapkan tim Kementerian Agama.

"Sidang dimulai sebelum magrib, diawali paparan posisi Hilal awal Ramadan 1441H oleh Cecep Nurwendaya," kata Kamaruddin.

Pengumuman sidang akan diumumkan Menteri Agama Fachrul Razi melalui jumpa pers yang bisa diikuti oleh tim media dari kantor masing-masing.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas