Tribun Ramadan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kenali Empat Pilar Gizi dan Cara Menjaganya Selama Bulan Puasa di Masa Pandemi

Bulan Ramadhan terhitung hanya tinggal hitungan hari. Namun di sisi lain, pandemi Covid-19 masih terus dirasakan

Kenali Empat Pilar Gizi dan Cara Menjaganya Selama Bulan Puasa di Masa Pandemi
freepik.com
Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021 untuk wilayah Bogor mulai 1 Ramadhan 1442 H. Jadwal Imsakiyah dilengkapi jadwal imsak, shalat, serta buka puasa. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Bulan Ramadhan terhitung hanya tinggal hitungan hari. Namun di sisi lain, pandemi Covid-19 masih terus dirasakan hingga saat ini.

Oleh karenanya perlu upaya khusus yang dilakukan agar imunitas tubuh tetap baik. Sehingga tidak mudah terpapar infeksi dari virus.

Menurut dr Putri Sakti Dwi Permanasari M.Gizi, Sp.Gk upaya tersebut dapat dilakukan dengan menjaga 4 pilar gizi. Pertama, adalah menjaga asupan nutrisi tetap tercukupi secara baik. Pilih makanan yang mengandung gizi dan vitamin cukup.

Apa lagi menjelang berbuka puasa, banyak makanan dan cemilan terlihat enak namun kurang sehat. Seperti minuman manis, gorengan, makanan berlemak dan bersantan.

Baca juga: Sidang Isbat Awal Ramadan Secara Daring dan Luring Digelar 12 April 2021

Menurut dr Putri, jenis ini mungkin memiliki kalori yang berlebih namun memberikan dampak yang tidak baik pada kesehatan tubuh.

Lalu pilar yang kedua adalah tetap melaksanakan aktivitas fisik yang cukup. Selama bulan Ramadhan, bukan berarti aktivitas fisik seperti olahraga harus distop.

Baca juga: Kunjungi Lokasi Bom Katedral Makassar, JK Minta MUI Tak Undang Penceramah Radikal di Bulan Ramadan

Ia mengatakan jika berolahraga selama bulan puasa justru lebih efektif meningkatkan metabolisme tubuh. Serta membakar lemak berlebih.

Pilar yang ketiga adalah menjaga berat badan ideal. Tentunya dengan cara menerapkan aktivitas fisik yang teratur, serta pemenuhan nutrisi yang cukup.

Dan pilar yang terakhir adalah menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Satu upaya yang bisa dilakukan agar hidup tetap sehat adalah menjaga pikiran agar tidak stres dan depresi

"Tidak boleh stres atau panik. Itu penting dan harus dijaga," katanya.

Punya pertanyaan seputar zakat , infaq dan sedekah ? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Zakat yang langsung dijawab Baznas (Badan Amil Zakat Nasional)

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Ikuti kami di
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas