Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Program Vaksinasi Jalan Terus Selama Ramadan, Waktunya Bisa Siang dan Malam Hari

Kemenkes terus fokus melanjutkan program vaksinasi virus corona (Covid-19) untuk mencapai kekebalan komunal

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Sanusi
zoom-in Program Vaksinasi Jalan Terus Selama Ramadan, Waktunya Bisa Siang dan Malam Hari
Tribunnews/Irwan Rismawan
Lansia mengikuti vaksinasi Covid-19 di Lippo Mall Kemang, Jakarta, Senin (12/4/2021). Program vaksinasi Covid-19 ini adalah wujud komitmen Lippo Malls Indonesia dalam mendukung Pemerintah merealisasikan target 1 juta vaksin per hari melalui Gerakan Bersama Sukseskan Program Vaksinasi Nasional. Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus fokus melanjutkan program vaksinasi virus corona (Covid-19) untuk mencapai kekebalan komunal (herd immunity), termasuk pada momen bulan Ramadan ini.

Hal ini didasarkan pada fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 Tahun 2021 tentang hukum vaksinasi Covid-19 pada saat berpuasa.

Baca juga: Program Vaksinasi Keliling di Zona Merah dan Daerah Rawan untuk Menekan Kasus Covid-19

Dalam fatwa tersebut, vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa dan boleh dilakukan bagi umat muslim yang sedang berpuasa.

Dikutip dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, Selasa (13/4/2021), Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi akan tetap dilanjutkan selama bulan Ramadan.

"Berdasarkan rekomendasi tersebut, pelaksanaan vaksinasi akan tetap kita lanjutkan selama bulan Ramadan, termasuk untuk kalangan muslim maupun kalangan non muslim," kata Siti Nadia, Senin (12/4/2021).

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Tetap Jalan Selama Ramadhan 2021, Penerima Vaksin yang Puasa Perhatikan Hal Ini

Sedangkan untuk proses vaksinasi ini akan dilakukan pada siang hari maupun malam hari.

BERITA TERKAIT

Pemilihan waktu ini tentunya turut menyesuaikan ibadah puasa yang dilakukan oleh umat muslim saat ini, sehingga diharapkan tidak mengganggu kekhusyukan ibadah mereka.

Perlu diketahui, khusus untuk pelaksanaan vaksinasi pada malam hari bagi umat muslim yang beribadah puasa di siang hari, tentunya Kemenkes mengimbau pengurus masjid hingga Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) serta pengurus wilayah setempat untuk membantu penjadwalan kegiatan ini pada warganya.

"Untuk pelaksanaan vaksinasi di malam hari, kami mendorong koordinasi yang dilakukan oleh para pengurus masjid bersama Puskesmas melalui RT/RW, Lurah setempat untuk menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan setelah pelaksanaan ibadah puasa di siang hari," papar Siti Nadia.

Terkait program vaksinasi ini, ia pun menegaskan bahwa semua vaksin Covid-19 yang tersedia dan digunakan pemerintah dinyatakan efektif dan aman, termasuk saat momen Ramadan ini.

Siti Nadia menjelaskan, baik vaksin Sinovac maupun AstraZeneca telah memenuhi syarat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terutama untuk segi keamanannya.

Dua vaksin itu pun telah melewati uji klinis tahap ketiga.

"Vaksin yang digunakan adalah vaksin yang aman dan bermanfaat, serta meningkatkan kekebalan tubuh," tutur Siti Nadia.

Ia kemudian kembali mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas mereka sehari-hari, termasuk bagi umat muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa.

"Harapan kami pada saat bulan Ramadan ini, masyarakat umat muslim maupun umat non muslim tetap menjalankan protokol kesehatan," pungkas Siti Nadia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas