Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Ramadan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ramadan 2021

Jadi Saksi Bisu Saat Tsunami Aceh, Sandiaga Uno: Masjid Rahmatullah Menyimpan Potensi Wisata Religi

Dirinya menyaksikan sendiri kemegahan masjid yang diketahui selamat diterjang dahsyatnya tsunami Aceh yang terjadi pada tanggal 26 Desember

Jadi Saksi Bisu Saat Tsunami Aceh, Sandiaga Uno: Masjid Rahmatullah Menyimpan Potensi Wisata Religi
istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menyempatkan diri singgah ke Masjid Rahmatullah yang berlokasi di Desa Lampuuk, Meunasah Lambaro, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh pada Minggu (2/5/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menyempatkan diri singgah ke Masjid Rahmatullah yang berlokasi di Desa Lampuuk, Meunasah Lambaro, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh pada Minggu (2/5/2021).

Dirinya menyaksikan sendiri kemegahan masjid yang diketahui selamat diterjang dahsyatnya tsunami Aceh yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 silam.

Walau kejadian yang meluluhlantakan seluruh wilayah Aceh Besar itu terjadi hampir dua dekade silam, struktur bangunan Masjid Rahmatullah hingga kini masih asli.

Bahkan, sebagian area bangunan masjid yang rusak akibat terjangan ombak tsunami hingga kini dibiarkan pihak pengelola.

Baca juga: Momentum Bulan Ramadan, ISYEF Gemarkan Spirit UMKM Berbasis Masjid

Pilar-pilar masjid yang roboh serta reruntuhan yang berada di area dalam masjid diberi pagar kaca sebagai pembatas.

Tujuannya agar reruntuhan dapat menjadi pengingat atas dahsyatnya tsunami yang menewaskan lebih dari 230.000 orang itu.

Sandiaga Salahuddin Uno menyempatkan diri singgah ke Masjid Rahmatullah1
Sandiaga Salahuddin Uno menyempatkan diri singgah ke Masjid Rahmatullah

"Hari ini kita melihat Masjid Rahmatullah yang merupakan saksi dari kebesaran Allah, Allah betul-betul mendatangkan kekuatan di tengah tsunami Aceh 26 Desember 2004, di mana meluluhlantakan seluruh Desa Lampuuk ini, Masjid Rahmatullah ini tetap kokoh berdiri," ungkap Sandiaga Uno pada Minggu (2/5/2021).

Baca juga: Toa Masjid Dicuri Maling, Takmir Kecele Saat Hendak Azan Salat Ashar

"Dan saya baru saja melakukan research, bahwa ini salah satu yang disebut sebagai wisata berbasis sejarah, wisata religi yang masuk ke dalam konsep wisata yang mengingatkan kita kepada kebesaran Allah," tambahnya.

Berdasarkan jurnal pada kuartal pertama index focus tourism, pariwisata religi, khususnya destinasi wisata yang berkaitan dengan sesuatu kejadian luar biasa dijelaskan Sandiaga Uno menempati rangking pertama.

Sehingga, diyakinkannya, Masjid Rahmatullah menyimpan potensi wisata yang sangat luar biasa untuk dikembangkan.

Empat unit Helikopter Chinook ET-3366 milik Marinir Amerika Serikat saat itu mendarat di halaman Masjid Rahmatullah, Lampuuk, Aceh Besar, Sabtu (19, Februari 2005) Pukul 12.08 WIB. Di dalamnya ada pejabat penting dunia dan wartawan foto yang ingin melihat langsung kerusakan akibat gempa dan tsunami Aceh saat itu. Saat itu dunia mulai sedikit mengenal Aceh.
Empat unit Helikopter Chinook ET-3366 milik Marinir Amerika Serikat saat itu mendarat di halaman Masjid Rahmatullah, Lampuuk, Aceh Besar, Sabtu (19, Februari 2005) Pukul 12.08 WIB. Di dalamnya ada pejabat penting dunia dan wartawan foto yang ingin melihat langsung kerusakan akibat gempa dan tsunami Aceh saat itu. Saat itu dunia mulai sedikit mengenal Aceh. (Serambinews/M Anshar)
Halaman
12
Penulis: Yulis
Editor: Hendra Gunawan

Punya pertanyaan seputar zakat , infaq dan sedekah ? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Zakat yang langsung dijawab Baznas (Badan Amil Zakat Nasional)

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas