Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Puasa Ramadhan Jatuh pada 3 April 2022, Ini Aturan Penyelenggaraan Ibadah Ramadhan Menurut Kemenag

Puasa Ramadhan tahun ini jatuh pada 3 April 2022, simak aturan penyelenggaraan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri menurut Kementerian Agama berikut ini.

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Inza Maliana
zoom-in Puasa Ramadhan Jatuh pada 3 April 2022, Ini Aturan Penyelenggaraan Ibadah Ramadhan Menurut Kemenag
Freepik
Ilustrasi - Puasa Ramadhan tahun ini jatuh pada 3 April 2022, simak aturan penyelenggaraan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri menurut Kementerian Agama berikut ini. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) resmi menetapkan puasa Ramadhan 1443 H jatuh pada Minggu, 3 April 2022.

Penetapan awal puasa Ramadhan disampaikan oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, dari hasil Sidang Isbat Awal Ramadan 1443 H. 

Penetapan waktu puasa Ramadhan tertuang dalam Keputusan Menteri Agama No 324 tahun 2022 tentang Tanggal 1 Ramadan 1443 Hijriyah/2022 Masehi. 




Dikutip dari kemenag.go.id, penetapan awal Ramadhan juga telah sesuai dengan laporan hasil hisab dan rukyatul hilal yang telah disepakati bersama oleh Tim Kemenag.

Baca juga: Apakah Merokok atau Vaping Dapat Membatalkan Puasa?

Baca juga: Muhammadiyah Mulai Puasa Besok, MUI: Perbedaan Membawa Rahmat

Kementerian Agama juga telah menetapkan aturan ketentuan penyelenggaraan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H.

Aturan penyelenggaraan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H ini dibuat untuk mewujudkan rasa aman, nyaman dan khusyuk bagi umat Isalm yang sedang menjalankan ibadah di masa pandemi.

Diharapkan bahwa masyarakat dapat melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

BERITA TERKAIT

Pedoman mengenai aturan penyelenggaraan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H tertuang dalam Surat No. SE 08 Tahun 2022.

Baca juga: Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Wilayah Medan Selama Bulan Ramadhan 1443 H Beserta Bacaan Niat Puasa

Baca juga: Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Kota Surabaya 1-30 Ramadhan 1443 H/2022

Berikut aturan ketentuan dalam Edaran Penyelenggaraan ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1443 H:

1. Umat Islam melaksanakan ibadah Ramadan dan Idul Fitri sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

2. Umat Islam dianjurkan untuk mengisi dan meningkatkan amalan pada bulan Ramadan, seperti salat tarawih, iktikaf, tadarus Al Qur’an, pengajian, zakat, infak, sedekah, dan wakaf dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

3. Dalam penyelenggaraan ibadah Ramadan dan Idul Fitri, pengurus dan pengelola masjid/musala memperhatikan Surat Edaran Menteri Agama mengenai pelaksanaan kegiatan peribadatan/keagamaan di tempat ibadah pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat sesuai dengan status level wilayah masing-masing dan menerapkan protokol kesehatan.

4. Pengurus dan pengelola masjid/musala sebagaimana dimaksud pada angka 3 wajib menunjuk petugas yang memastikan sosialisasi dan penerapan protokol kesehatan kepada seluruh jemaah.

5. Pejabat dan Aparatur Sipil Negara dilarang mengadakan atau menghadiri kegiatan buka puasa bersama, sahur bersama, dan/atau open house Idul Fitri.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas