Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Bacaan Doa Ziarah Kubur Jelang Ramadan 2023 dengan Lafal Latin, Arti, dan Tata Caranya

Inilah bacaan doa ziarah kubur yang lazim dilakukan masyarakat jelang Ramadan 2023: Allahummaghfìrlahu war hamhu wa 'aafìhìì wa'fu anhu.

Penulis: Sri Juliati
Editor: Nuryanti
zoom-in Bacaan Doa Ziarah Kubur Jelang Ramadan 2023 dengan Lafal Latin, Arti, dan Tata Caranya
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Umat muslim berziarah kubur di TPU Astanaanyar, Jalan Bojongloa, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Rabu (5/6/2019). Inilah bacaan doa ziarah kubur yang lazim dilakukan masyarakat jelang Ramadan 2023 serta tata cara dan adabnya. 

TRIBUNNEWS.COM - Ziarah kubur menjadi satu kegiatan yang lazim dilakukan oleh umat Islam jelang bulan Ramadan.

Seperti pada momen sebelum bulan Ramadan 2023, masyarakat ramai berziarah ke makam orang tua atau kerabat yang sudah meninggal dengan tujuan mendoakan mereka.

Dosen Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta, Sulhani Hermawan mengatakan, ziarah kubur merupakan suatu kegiatan yang diperbolehkan.

Yang perlu diingat, ziarah kubur harus dilakukan dengan niat bersih, yakni untuk mengingat kematian.

Pada saat ziarah kubur, kita dianjurkan membaca doa ziarah kubur.

Baca juga: BACAAN Doa Ziarah Kubur, Dilengkapi dengan Tata Cara dan Adab Ziarah Kubur

Inilah doa ziarah kubur jelang Ramadan 2023 disertai dengan lafal latin dan artinya:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ

BERITA TERKAIT

الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار, وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ونَوِّرْ لَهُ فِيهِ

Lafal latin: Allahummaghfìrlahu war hamhu wa 'aafìhìì wa'fu anhu, wa akrìm nuzuulahu wawassì' madholahu, waghsìlhu bìl maa’ì watssaljì walbaradì, wa naqqìhì, mìnaddzzunubì wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasì.

Wabdìlhu daaran khaìran mìn daarìhì wa zaujan khaìran mìn zaujìhì. Wa adkhìlhul jannata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhì."

Artinya : Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran.

Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, istri yang lebih baik dari istrinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya." (HR. Muslim)

Doa ziarah kubur lainnya yang bisa dibaca adalah:

اَللَّهُمَّارْحَمْغُرْبَتَهُ،وَصِلْوَحْدَتَهُ،وَاَنِسْوَحْشَتَهُ،وَاَمِنْرَوْعَتَهُ،وَاَسْكِنْاِلَيْهِمِنْرَحْمَتِكَيَسْـتَغْنِيبِهَاعَنْرَحْمَةٍمِنْسِوَاكَ،وَاَلْحِقْهُبِمَنْكَانَيَتَوَلاَّهُ

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas